Ibu Hamil Boleh Bercinta, Asalkan....
Tuesday, 29 March 2016
Ibu Hamil Boleh Bercinta, Asalkan....

KEHAMILAN seharusnya tidak menghalangi pasangan untuk berhubungan seks. Pada dasarnya, ibu hamil bisa bercinta kapan pun, tapi dengan catatan, hanya selama ibu dan janin sehat. Lalu, kondisi seperti apa yang bisa membuat ibu hamil menghindari hubungan intim?

Menurut ahli kandungan dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, selama perjalanan kehamilan ibu dan janin sehat, hubungan seks tidak diharamkan untuk dilakukan ibu hamil. Tapi, ada beberapa kondisi dan keadaan yang harus diperhatikan ibu hamil agar berhari-hari.

“Memang ketika usia kehamilan masih di bawah 16-17 minggu, kehamilan rentan keguguran. Pasalnya, plasenta atau tali pusat itu belum terbentuk, sehingga janin tidak kuat menempel di rahim dan mudah abortus,” jelas dokter pemilik akun Boykepedia tersebut, di kantor Okezone, Kebon Sirih, Jakarta, kemarin.

Wanita hamil sebaiknya juga menghindari bercinta ketika memiliki riwayat kesehatan organ reproduksi atau kehamilan yang buruk.

“Wanita yang punya riwayat keguguran, pecah ketuban, dan infeksi yang sebabkan keputihan, pendarahan, kandungan dengan ari-ari di bawah janin, sebaiknya tidak berhubungan intim,” pungkasnya.

(okz/ren)