Tips Marinasi Daging Ayam
Monday, 01 October 2018
Tips Marinasi Daging Ayam

AYAM merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari karena dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Teknik pengolahannya pun terbilang praktis. Namun untuk menambah cita rasanya, daging ayam harus dimarinasi dengan baik dan benar.

Proses inilah yang nantinya akan membuat daging ayam terasa lebih gurih, lezat, dan menggugah selera. Masyarakat Indonesia umumnya memarinasi ayam dengan air perasan jeruk limau yang telah dicampurkan dengan beberapa bumbu tambahan seperti garam, kecap, bubuk lada, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah Anda, ternyata ada berbagai jenis bumbu yang bisa digunakan, agar olahan ayam terasa lebih nikmat. Mau tahu tipsnya? Yuk simak langsung penjelasan di bawah ini

1. Berkreasilah

Jika Anda ingin membuat hidangan yang lebih menggugah selera, berkreasilah. Lupakan garam. Sebagai pengganti, Anda bisa menggunakan madu, orange juice, teh, kopi, atau wine.

Kombinasi lemak dan asam adalah rahasia di balik proses marinasi. Jadi pastikan bumbu marinasi menggunakan bahan-bahan yang mengandung asam. Selain itu, Anda bisa mencampurkannya dengan lemak yang terdapat pada minyak dan bahan-bahan lainnya.

2. Gunakan rempah-rempah yang segar

Menurut penuturan para ahli, daging ayam juga bisa dimarinasi dengan rempah-rempah segar. Jika Anda kesulitan menemukan bumbu ini, gunakanlah rempah-rempah kering. Rasanya juga tidak terlalu beda.

3. Komposisi

Sebelum memulai marinasi, pastikan komposisi antara lemak dan asam memiliki jumlah yang sama. Perbandingannya 1:1.

4. Gunakan blender

Setelah menyiapkan bumbu marinasi, aduk atau campurkanlah menggunakan blender. Tujuannya agar kandungan asam dan lemak tercampur rata. Ini akan membuat olahan ayam menjadi lezat, dan teksturnya pun terasa lebih lembut.

5. Durasi marinasi

Selain memilih bumbu yang tepat, hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah durasinya. Jika terlalu lama memarinasi, dagin justru akan terasa lebih kering dan membuat rasanya semakin asam. Menurut para ahli, waktu paling ideal untuk memarinasi daging ayam adalah antara lima sampai enam jam.

 

 

source/Okezone.com