Melindungi Anak Dari Musim Pancaroba
Wednesday, 28 November 2018
Melindungi Anak Dari Musim Pancaroba

Pancaroba atau cuaca tak menentu menyebabkan anak lebih rentan sakit terhadap flu, demam, diare, batuk dan lainnya. Terlebih lagi saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan, dimana hujan seringkali mengganggu aktivitas anak anda. Anda perlu memperhatikan kondisi serta system imun anak anda karena belum sekuat orang dewasa. Berikut tips-tipsnya.

Tidak Menutup Hindung dan Mulut Menggunakan Tangan Ketika Bersin

Kini, cobalah untuk mengajarkan anak Anda untuk menutup mulut dan hidung dengan menggunakan lipatan siku. Menurut dr. Rebecca G. Carter, MD dari Rumah Sakit Anak di Universitas Maryland, jauhkan tangan dari wajah, terutama, hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut, karena ini adalah area-area tempat jalan masuk virus flu ke dalam sistem tubuh anak. Jika anak menyentuh area mata, hidung, dan mulut, pastikan tangannya dalam kondisi bersih.

Selalu Menjaga Kebersihan

Biarkan anak main dan beraktivitas diluar ruangan sebagaimana mestinya. Namun ketika anak selesai bermain jangan lupa bersihkan segala kotoran yang ada di bagian tubuhnya, terutama bagian dalam kuku karena kotoran dapat masuk melalui celah-celah kuku dan luput dari penglihatan.

Biasakan Gunakan Masker

Membiasakan anak menggunakan masker mungkin cukup sulit karena terlihat tidak nyaman, namun Anda bisa coba pilihkan masker dengan gambar dan pola-pola lucu yang digemari anak anda. Anjurkan si kecil menggunakan masker ketika ada teman yang terkena flu dan selama di perjalanan. Jangan lupa, buang masker yang sudah dipakai, jangan dipakai ulang dan cuci tangan dengan benar.

Jaket dan Jas Hujan

Ketika memasuki musim penghujan seperti sekarang ini sangat dianjurka agar anak selalu mengenakan jaket ketika berpergian. Tidak lupa bila ia akan berangkat sekolah, pemberian jaket dan jas hujan yang berlapis akan sangat membantu sehingga mencegah anak anda basah dan kedinginan.

 

Source