Manfaat Memandikan Bayi
Tuesday, 13 August 2019
Manfaat Memandikan Bayi

Berdasarkan penelitian yang ada, saat memandikan bayi terjadi interaksi antara orangtua dan bayinya. Hal ini merupakan momen penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil. Berikut beberapa manfaat positif yang bisa didapat dari kegiatan mandi si Kecil.

·Melindungi kesehatan kulit

Selain membersihkan, memandikan bayi juga membantu menjaga kesehatan kulitnya.

·Membuat bayi tidur lebih nyenyak

Saat memandikan bayi, lakukan pijatan lembut pada tangan dan kaki si Kecil. Pijatan lembut ini bisa menstimulasi ujung-ujung saraf di kulit bayi. Hal ini bisa membuat bayi merasa nyaman dan jadi lebih nyenyak tidur di malam hari

·Bonding time antara ibu dengan bayi

Ketika memandikan bayi, sentuhan dan kontak langsung yang terjadi antara Bunda dengan kulit si Kecil merupakan langkah membangun ikatan perasaan yang kuat antara bayi dengan ibu.

·Waktu bermain bagi bayi

Tak hanya manfaat kesehatan dan emosional, memandikan bayi juga bisa jadi kegiatan bermain bagi bayi dan san ibu. Memercikkan dan bermain air membantu si Kecil belajar tentang tekstur air. Mainan bayi atau bahkan busa-busa kecil yang ada di bak mandi juga bisa jadi permainan yang menyenangkan di waktu mandi bagi si Kecil.

·Merangsang perkembangan indera bayi

Sentuhan merupakan rangsangan yang penting bagi perkembangan kognitif dan emosional bayi. Sedangkan saat memandikan bayi adalah waktu di mana si Kecil lebih banyak menerima sentuhan dan kontak langsung dari kulit ibu dibandingkan waktu lainnya.

 

Source