Frankfurt Book Fair 2015 Day 5 - Partisipasi Indonesia Dinilai Berhasil Memperkenalkan Budaya Di Mata Dunia
Frankfurt Book Fair 2015 Day 5 - Partisipasi Indonesia Dinilai Berhasil Memperkenalkan Budaya Di Mata Dunia

Tidak hanya melalui jalur literasi, namun persiapan yang telah dilakukan oleh Komite Nasional Indonesia untuk berpartisipasi dalam Frankfurt Book Fair tahun ini sangatlah serius, mengusung segala aspek kebudayaan Indonesia mulai dari seni tari, musik, pertunjukan teater hingga film. Goenawan Mohamad, Ketua Komite Nasional Indonesia mengutarakan pendapatnya saat ditemui usai acara penyerahan estafet tamu kehormatan berlangsung di Island of Scenes, 18 Oktober 2015. "Saya pribadi bersyukur, acara ini dapat terselenggara dengan sukses oleh bantuan orang - orang baik di sekitar kita. Waktu persiapan kami hanya 2 tahun, bila dibandingkan dengan Finlandia - Guest of Honour 2014 yang meluangkan waktu persiapan 6 tahun lamanya. Kemendikbud ikut mengucurkan dana hampir Rp 150 miliar untuk menyukseskan acara ini. Kami tidak hanya ingin menampilkan dunia literasi Indonesia, tapi juga prestasi terkini bangsa kita.", ujarnya. Prestasi ini ditutup dengan berita bahagia bahwa tahun ini, kita berhasil menjual hak karya cipta buku ke pihak penerbit asing. Total buku yang ditransaksikan sekitar 240 buah. "Kita doakan saja akan ada finalisasi kesepakatan antara kedua belah pihak setelah pertemuan di Frankfurt Book Fair ini.".

Ketua komite kuliner Kestity Pringgoharjono juga mengungkapkan suka citanya karena telah berhasil mengundang decak kagum masyarakat Eropa dan dunia melalui ragam kuliner dan program Classroom of the Future. "Tahun ini Indonesia menjadi team konseptor untuk pengembangan program yang ditujukan bagi anak - anak dan remaja. Kami bekerja sama dengan HP untuk menghasilkan tutorial digital book yang berisi pengembangan konsep belajar dengan menggunakan materi yang mengandung nilai - nilai kebudayaan Indonesia. Nantinya, sistem pembelajaran ini juga dapat diakses melalui aplikasi di smartphone.", Kesi juga mengatakan bahwa dari dunia kuliner, banyak sekali pengunjung Frankfurt Book Fair yang penasaran dengan cita rasa masakan Indonesia; membuat antrian panjang di restoran Patio yang terletak di bawah gedung Paviliun Indonesia selama 5 hari berturut - turut. Restoran dengan konsep buffet ini menyajikan pilihan makanan seperti gado - gado, asinan Jakarta, sampai ayam rica - rica manado yang selalu ludes di setiap akhir acara.

 

Mantan Presiden BJ Habibie yang juga ditemui pada saat acara berlangsung di hari terakhir penyelenggaraan Frankfurt Book Fair mengapresiasi hasil kerja keras seluruh tim Komite Nasional, karena tidak hanya bisa menyajikan sebuah sajian bertema sastra, tapi juga memboyong kebudayaan Indonesia ke tengah - tengah masyarakat dunia. Bersama Romo Magnis Suseno sebagai penulis buku "Neue Schwingen fur Garuda: Indonesien zwischen Tradition und Moderne", beliau didapuk untuk menjadi pembicara dalam sebuah diskusi buku bertemakan Indonesia modern. Melalui buku ini juga, Romo Magnis secara detail mengungkap peristiwa referendum Timor Timur lepas dari NKRI, termasuk membahasnya dari sisi keagamaan. Sementara itu di Indonesia sendiri, di saat yang hampir bersamaan telah dirilis buku biografi masa muda BJ Habibie, "Rudy; Kisah Masa Muda Sang Visioner". Melalui buku ini, akan diungkap bagaimana cerita kehidupan seorang BJ Habibie saat berusia 18 tahun dan ide - ide brilian yang mampu Ia realisasikan di kemudian hari. Keikutsertaan Indonesia sebagai Guest of Honour dalam event Frankfurt Book Fair tahun ini telah membuktikan banyak hal, salah satunya adalah karya - karya (literasi) Indonesia telah berhasil mencuri perhatian dunia.

Dilengkapi dengan pertunjukan seni & budaya sepanjang acara, semakin kuatlah bangsa kita menancapkan taringnya di ajang internasional yang sudah ditunggu – tunggu kehadirannya setiap tahun, Frankfurt Book Fair.

*PS: Jumat, 13 November 2015 V Book Club akan membahas buku "Rudy; Kisah Masa Muda Sang Visioner" bersama penulis Gina S. Noer.

 

Nathalie Indry

V Radio 106.6 FM Announcer

V Book Club