Cuci Tangan Pakai Sabun Perlu Diajarkan sejak Dini
Monday, 19 October 2015
Cuci Tangan Pakai Sabun Perlu Diajarkan sejak Dini

Cuci tangan pakai sabun adalah cara sederhana dan efektif menangkal segala macam penyakit, termasuk diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang menjadi penyebab terbesar kematian anak-anak.

Menteri Kesehatan RI Prof Nila F Moeloek punya gerakan sehat cuci tangan pakai sabun yang diajarkan kepada anak-anak, agar bisa ditularkan kepada semua anggota keluarga dan teman-teman terdekat.

"Kita harus mulai ajarkan cuci tangan pakai sabun kepada anak-anak, karena sebagai mediator," jelas Menkes Nila kepada wartawan saat puncak perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2015 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (18/10/2015).

Lebih lanjut, Menkes Nila menambahkan, ada lima waktu di mana kita wajib cuci tangan. Antara lain sebelum makan, setelah pegang hewan, sesudah buang air besar dan kecil, sebelum menyusui bayi, dan setelah menceboki anak.

"Anak-anak diharap bisa mengingatkan orangtuanya yang belum berperilaku baik, supaya melakukan cuci tangan pakai sabun lebih dulu sebelum makan," pungkasnya.

(okezone/tty)