Lima Makanan yang Harus Dihindari di Musim Hujan
Tuesday, 10 November 2015
Lima Makanan yang Harus Dihindari di Musim Hujan
MUSIM penghujan baru dimulai setelah musim kemarau yang panjang. Meski hujan dapat melawan siksaan panas matahari, peralihan ini juga memudahkan infeksi dan flu menyerang. Jadi, penting bagi Anda untuk mempersenjatai diri melawan penyakit tersebut.

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan meningkatkan aktivitas fisik, istirahat cukup, kurangi stres, dan pastinya dengan menjaga pola makan tetap sehat. Untuk pola makan, berikut adalah beberapa tips kesehatan, seperti dilansir dari NDTV, Selasa (10/11/2015).

Hindari sayuran berdaun hijau ini

Pesan ini bukan berarti Anda harus menghindari makan sayur. Namun, di musim hujan, kotoran dan kelembaban membuat beberapa tanaman sayur berdaun rentan terhadap kuman, seperti bayam, kubis, dan kembang kol. Yang terpenting, pastikan semua sayuran dicuci dan dimasak dengan baik sebelum di masak.

Jus segar atau es buah pinggir jalan

Setiap makanan segar, seperti buah dan sayuran yang telah dikupas, sebaiknya tidak dibiarkan di udara terbuka dalam waktu lama. Bila Anda menemukannya di pedagang pinggir jalan sebelum memesan, sebaiknya urungkan niat Anda atau minta buah yang belum dikupas.

Gorengan

Makanan yang digoreng adalah salah satu makanan yang sebaiknya dikurangi di musim hujan ini. Cuaca hujan yang sangat lembab menyebabkan proses pencernaan kita melambat. Terlalu banyak makan gorengan dapat menyebabkan komplikasi gastronomis seperti kembung dan sakit perut.

Minuman bersoda

Minuman bersoda mengurangi mineral dalam tubuh kita, yang pada gilirannya menyebabkan penurunan aktivitas enzim. Hal ini sangat tidak diharapkan sistem pencernaan yang sudah lemah. Pilihlah minuman yang hangat untuk menenangkan pencernaan.

(okezone/ren)