Pahami Penyebab Anak-Anak Malas Sarapan
Wednesday, 11 November 2015
Pahami Penyebab Anak-Anak Malas Sarapan

ANAK-anak sering menolak saat disuruh sarapan karena beragam alasan. Apa kira-kira alasannya?

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof Dr Ir H Hardinsyah MS mengatakan, apabila anak enggan sarapan, seorang ibu harus mengerti sebabnya.

"Biasanya anak capek karena tidurnya larut malam, bisa juga anaknya bosan dengan makanan atau maunya licik malas sarapan supaya dikasih uang. Itu yang menyebabkan dia malas sarapan," ujar Prof Hardin dalam acara Sosialisi Sarapan Sehat dan Bergizi Blue Band dan TP PKK DKI Jakarta, di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Tak hanya itu, tambah Prof Hardin, si anak kerap terburu-buru pergi ke sekolah di pagi hari, sehingga membuatnya takut datang terlambat dam dihukum oleh sang guru.

"Anak selalu lebih takut pada guru dibanding orangtuanya. Sehingga dia rela pergi ke sekolah gak perlu sarapan," terangnya.

Kalau sudah begitu, jangan dibiarkan setiap hari Moms. Anda harus mencari solusinya agar tak berdampak pada konsentrasi belajarnya di sekolah.

"Kalau sudah tahu penyebabnya, ibunya harus jeli. Bisa bawakan bekal untuk si anak yang sederhana, cepat dan sehat," kata Prof Hardin.

Contohnya bekal itu dapat berupa sandwich yang terdiri dari dua slice roti diisi telur ceplok, potongan ketimun dan tomat. Atau beri dia menu nasi goreng yang mudah dibuat pagi hari.

Jangan lupa juga beri tambahan buah-buahan agar tambahan vitamin menjadi sempurna. Seperti contoh buah pisang, apel atau jeruk yang merupakan sumber vitamin. Selamat mencoba!

(okezone/ren)