Trik Cerdas Pancing Anak Giat Menabung
Wednesday, 11 November 2015
Trik Cerdas Pancing Anak Giat Menabung

MENABUNG sejak dini bagi anak-anak memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bermanfaat bagi masa depan, tetapi juga melatih untuk disiplin.

Memang tidak mudah dimengerti oleh anak-anak tentang pentingnya menyimpan uang. Untuk itu, orangtua harus mencari cara agar anak tertarik menyisihkan uang mereka untuk masa depan.

Menyadari pentingnya menabung bagi anak-anak, Citi Bank dan Bank DKI mengadakan acara bertema Literasi Keuangan Sejak Dini di SDN 02 Cililitan Jakarta dan mengajak siswa-siswi giat menabung. Head of Country Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki juga membagi kiat untuk orangtua untuk memancing anak agar giat menabung.

"Yang pertama adalah dengan mengedukasi anak bahwa lewat menabung mereka akan lebih mudah mendapatkan apa diinginkan di masa depan. Karena untuk mendapatkan sesuatu harus dibeli," tutur Vera kepada Okezone, di Jakarta.

Misalnya, anak-anak ingin membeli buku, mainan, sepatu baru, tas baru, atau seragam, itu semua butuh dana. Sehingga harus diusahakan. Salah satu cara untuk mengumpulkan uang adalah dengan menabung.

"Anak-anak bisa menabung dari cara mana pun tergantung kebijakan orangtua. Terpenting menabung dilakukan secara rutin," sambungnya.

Kedua, lanjut Vera, membuat daftar keinginan anak. Seperti berlibur atau membeli barang. Dengan demikian anak termotivasi mengumpulkan uang untuk mewujudkan keinginan mereka.

"Terakhir, memberi contoh berhemat. Bagaimana pun orangtua adalah teladan anak. Contohkan bagaimana menghemat uang dengan menjaga dan memelihara barang sudah ada serta memperbaiki mainan rusak, bukan mengganti baru," tandasnya.

(okezone/vin)