Penyakit yang Mengintai Anak Bertubuh Gemuk
Thursday, 12 November 2015
Penyakit yang Mengintai Anak Bertubuh Gemuk

ANAK yang obesitas dapat mengembangkan tanda-tanda kelainan jantung, bahkan saat masih delapan tahun. Risiko ini yang mungkin menaikkan risiko kematian dini seperti pada orang dewasa, penelitian baru menunjukkan.

"Ini adalah fakta yang mengejutkan dan mengkhawatirkan bagi kita. Bahkan anak-anak obesitas termuda dalam penelitian kami yang berusia delapan tahun memiliki bukti penyakit jantung," kata pemimpin penulis studi, Linyuan Jing.

Untuk penelitian ini, tim Jing melakukan pemindaian MRI pada 40 anak-anak antara usia delapan dan 16 tahun. Separuhnya adalah anak obesitas dan setengah lagi memiliki berat badan normal.

Anak-anak obesitas memiliki rata-rata massa otot 27 persen lebih di daerah ventrikel kiri jantung dan otot jantung yang secara keseluruhan 12 persen lebih tebal. Keduanya dianggap sebagai indikator penurunan kerja jantung, kata Jing.

Di antara 40 persen anak-anak obesitas, hasil pemindaian juga menunjukkan otot jantung yang menebal mengindikasikan menurunnya kemampuan untuk memompa darah. Anak dengan kondisi jantung seperti itu dianggap"berisiko tinggi" untuk mengalami regangan dan penyakit jantung saat dewasa.

Jing mengatakan beberapa anak-anak obesitas dalam penelitian itu juga berjuang dengan komplikasi kesehatan, seperti asma, tekanan darah tinggi dan depresi. Tapi memang belum ada yang menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung seperti kelelahan, pusing atau sesak napas, kata Jing.

"Hasil penelitian studi ini harus menjadi motivasi lebih bagi orangtua untuk membantu anak-anak menjalani gaya hidup sehat," kata Jing, seperti dikutip dari Health, Kamis (11/11/2015).

Ia menyarankan agar orangtua mau membeli makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji dan minuman ringan yang tinggi gula namun rendah serat, katanya. Orang tua juga harus membatasi waktu menonton TV, bermain komputer dan video game, dan mendorong anak untuk lebih banyak beraktivitas fisik di luar ruangan.

(okezone/ren)