Penyebab Anak Stres Menjelang Ujian
Tuesday, 17 November 2015
Penyebab Anak Stres Menjelang Ujian

MASIH ingat saat sekolah dulu apa yang membuat Anda mungkin sulit tidur? Ujiankah? Anda bukan satu-satunya, mungkin si kecil pun juga kini sedang merasakan hal yang sama. Ujian memang tidak pernah disambut gembira oleh murid-murid, tak jarang malah menjadi momok.

Ujian bahkan terkadang membuat anak stres hingga menjelang hari H. Hal ini sangat disayangkan psikolog remaja, Roslina Verauli. Ia menuturkan beberapa hal yang menyebabkan siswa-siswi stres menjelang ujian.

"Pertama adalah standardisasi nilai dan konsekuensi seperti tidak lulus atau tidak naik kelas kalau nilai jelak. Padahal kecerdasan bukan hanya dinilai dari kemapuan akademis," ucap Vera di acara peluncuran Quipper Video di Grand Indonesia Jakarta, belum lama ini.

Kedua, lanjutnya, pelajaran-pelajaran tambahan yang harus diikuti anak. Otak anak menjadi selalu berpikir dan tidak pernah relaks. Jelang ujian seharusnya anak diberikan masa tenang, tidak ditekan untuk terus berpikir.

"Terakhir adalah orangtua. Tidak bisa dipungkiri saat anak akan menghadapi ujian, orangtua juga ikut stres. Karena takut anaknya gagal jadi digenjot dengan les-les tambahan," pungkas Vera.

(okezone/hth)