Trik Sederhana Mengontrol Keuangan Rumah Tangga
Wednesday, 18 November 2015
Trik Sederhana Mengontrol Keuangan Rumah Tangga

BERAPA banyak cara yang sudah Anda lakukan untuk mengontrol keuangan keluarga? Bila selama ini mengelola keuangan membuat stres, berarti perlu penyederhanaan.

Mengontrol keuangan dalam pernikahan tidak rumit. Dan tentunya tak harus membuat Anda stres karena banyak menekan dana di beberapa titik. Berikut ini tips mengelola keuangan secara sederhana.

 

Mengurangi jumlah rekening

Salah satu yang membuat pengelolaan keuangan rumit ada banyaknya jumlah rekening. Misalnya saja sebelum menikah masing-masing pasangan memiliki dua rekening bank. Maka, ketika sudah menikah saatnya menutup beberapa rekening. Sisakan satu saja. Jadi Anda mudah melacak transaksi keuangan keluarga. Begitu pula kartu kredit. Memiliki beberapa kartu dan rekening menambah beban biaya administrasi.

 

Manfaatkan teknologi

Jangan mengikuti cara orangtua Anda mengelola keuangan. Seperti mencatat pengeluaran di buku besar atau mencetak buku tabungan. Saat ini Anda sudah tak butuh lagi pensil atau buku. Gunakan program exel untuk mengatur keuangan. Lewat program exel Anda dapat melacak kemana uang keluar dan masuk. Selain itu manfaatkan pula internet banking untuk melihat rincian transasi rekening tabungan Anda.

 

Pembayaran auto pay

Apakah Anda masih sering terlambat membayar tagihan bulanan rumah tangga? Manfaat kecanggihan teknologi di zaman sibuk seperti sekarang ini. Dengan mendaftarkan pembayaran auto pay, maka Anda tak harus menelan kerugian akibat denda karen terlambat membayar tagihan listrik, pam, telefon, dan lain sebagainya.

Jika Anda keluarga berpenghasilan ganda, jangan menyimpan rahasia dari satu sama lain. Tidak menyembunyikan rekening, kartu kredit, atau informasi keuangan lainnya. Bahkan, cara yang bagus untuk menyederhanakan keuangan Anda adalah untuk menggabungkannya bersama-sama sehingga dapat memotong beban kerja. Demikian dilansir Familyshare, Rabu (18/11/2015)

(okezone/vin)