Cara Cegah Bayi Lahir Prematur sejak Awal Kehamilan
Wednesday, 02 December 2015
Cara Cegah Bayi Lahir Prematur sejak Awal Kehamilan

KABAR tentang kehamilan yang dinantikan adalah kebahagiaan bagi wanita. Semangat menjaga kandungan tetap sehat harus terus dipelihara untuk mendukung kehamilan, termasuk mencegah kelahiran prematur.

Tidak ada kata terburu-buru untuk mulai melakukan upaya pencegahan kelahiran prematur di awal kehamilan. Berikut adalah beberapa cara yang perlu dilakukan ibu untuk mencegah kelahiran prematur, seperti dilansir dari Zeenews, Selasa (1/12/2015).

Hindari pekerjaan dengan shift

Jadwal kerja yang sering berganti-ganti, terutama dari shift pagi menjadi shift malam, bisa menjadi alasan kelahiran prematur. Hal ini dimungkinkan karena kebiasaan bekerja yang demikian dapat mengacaukan siklus biologis ibu.

Stop konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol mungkin biasa bagi beberapa orang. Namun, ini sebaiknya dihindari saat hamil. Alkohol dapat menyebabkan kelahiran prematur, karena saat mencapai plasenta, ini menghambat fungsi organ bayi.

Hindari junk food

Konsumsi junk food dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan sama halnya seperti kekurangan nutrisi penting. Kedua hal itu sama berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Kurangi stres

Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan, bukan hanya bagi ibu hamil, tetapi juga pada bayi. Stres dapat menyebabkan berat bayi lahir rendah atau bahkan prematur.

(okezone/ren)