Cara Terbaik Jauhi Anak dari Pemakaian Gadget
Thursday, 03 December 2015
Cara Terbaik Jauhi Anak dari Pemakaian Gadget

“MA mana tabletku?” Kalau ini sudah terlalu sering terdengar dari mulut si kecil berhati-hatilah. Ini adalah sikap anak-anak yang hanya menghabiskan waktunya dengan gadget.

Menggunakan gadget untuk waktu yang lama tanpa peraturan apa pun dapat memiliki banyak efek serius pada kesehatan fisik dan mental anak.

Dengan berjalannya waktu, ini akan memiliki dampak tersendiri terhadap pertumbuhan emosional, mental dan fisik. Berikut tips untuk menjauhkan anak dari penggunaan gadget yang berlebihan, seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (2/12/2015).

Tambahkan aktivitas outdoor

Ajak anak untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Ini akan membuat mereka secara mental dan fisik fit, terutama jika mereka bisa bermain dengan teman sebaya. Juga, ini akan membantu mereka mengalihkan pikiran, bukannya duduk menganggur di sofa dengan gadget.

Buatkan jadwal penggunaan gadget

Lebih baik untuk menetapkan jadwal rutinitas harian anak-anak Anda dengan waktu tertentu untuk menggunakan gadget. Tapi, pastikan bahwa mereka tidak menghabiskan waktu hanya menonton kartun, chatting atau bermain game.

Gantikan permainan gadget dengan permainan nyata

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan jika anak-anak kecanduan gadget, mungkin ini adalah ide yang menarik. Jika mereka suka bermain kartu atau catur pada layar komputer, perkenalkan permainan yang nyata dan bermainlah dengan mereka. Ini akan mengalihkan minat mereka dari layar dengan realitas dengan lebih banyak kegembiraan.

Kembangkan hobinya

Mendapatkan waktu luang adalah alasan utama mengapa anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget. Salah satu ide menarik untuk mengubah kebiasaan ini adalah untuk mengembangkan beberapa hobi, tidak peduli seberapa sederhana dan konyol mereka. Anda dapat mendorong untuk mencoba koleksi puzzle, koleksi koin atau berkebun.

Ajarkan sebuah keahlian

Belajar sesuatu yang baru adalah ide yang terbaik untuk menjaga otak mereka aktif dan terlibat. Jadi, memberikan kesempatan bagi anak-anak Anda untuk belajar sesuatu yang baru seperti berenang, atau olahraga baru, bahasa baru, sulap, atau alat musik atau bahkan tari.

Ajak berpiknik

Ajaklah anak-anak Anda untuk piknik atau trekking yang setiap seminggu sekali atau sebulan sekali. Biarkan anak-anak untuk menghabiskan waktu di alam; ini akan menjadi ide bagus untuk membawanya ke dunia nyata. Sebuah taman atau pantai dapat membuat anak-anak lebih aktif daripada rumah tertutup penuh dengan gadget.

(okezone/vin)