Kesalahan Pola Asuh Yang Dilakukan Orangtua
Friday, 11 December 2015
Kesalahan Pola Asuh Yang Dilakukan Orangtua

BANYAK dari orangtua tidak menyadari bahwa mereka salah dalam menerapkan pola asuh anak. Alih-alih ingin membahagiakan, hal mengerikan malah terjadi dalam pertumbuhan anak. Ini dia beberapa kesalahan mengerikan yang diterapkan orangtua kepada anak.

Mengajarkan untuk tidak pernah takut

Mengajarkan anak untuk tidak takut pada hal apa pun, sebenarnya tidak akan membantu hidup mereka. Sebagai orangtua harus menjelaskan apa yang harus ditakuti dan mana yang tidak.

Membandingkan anak

Membandingkan anak dengan anak lain merupakan hal yang buruk. Itu hanya akan memberi efek depresi dan frustrasi.

Membuat mereka tumbuh lebih cepat

Merupakan hal positif apabila mendidik anak-anak Anda pada hal-hal yang modern dalam kehidupan. Tapi, ketika orang tua mendorong anak untuk sangat mengikuti modernitas dengan mendandaninya dengan pakaian dewasa dan sebagainya, anak akan cenderung untuk bertindak lebih besar dari usia yang sebenarnya.

Membenarkan jam tidur yang salah

Hanya karena akhir pekan, tidak berarti Anda mengizinkan anak untuk tidur larut malam. Tetap ikuti jam tidur anak dengan benar.

Berteriak

Jangan pernah berteriak pada anak Anda. Apabila sedang merasa kecewa dengan pekerjaan dan masalah dengan pasangan, jangan pernah lampiaskan pada anak. Bila hal buruk tersebut sering terjadi, jangan menyesal nantinya anak menjadi manusia yang temperamental juga sama dengan Anda.

Melupakan manner

Sebagai orangtua jangan pernah lupa untuk mengajarkan tata krama. Jangan pernah berharap pada guru di sekolah. Karena pelajaran moral akan berlaku dan diingat selamanya.

Mencegah mereka berekspresi

Suatu hal yang penting melepaskan anak untuk berekspresi, tak peduli seberapa mudanya mereka. Dengan mendengar saat mereka berbicara akan membuat ikatan lebih kuat dan spesial pada Anda. Demikian dilansir Boldsky, Kamis (10/12/2015).

(okezone/vin)