Penulis Ini Tuntut Disney karena Frozen Kisahnya
Sunday, 14 February 2016
Penulis Ini Tuntut Disney karena Frozen Kisahnya

Frozen merupakan salah satu film tersukses Disney di tahun 2014 ini. Namun kini, Disney harus menerima tuntutan.

Seorang penulis perempuan di New Jersey, Amerika, bernama Isabella Tanikum menuntut studio Disney karena menganggap film Frozen yang dirilis Disney mencuri kisah hidupnya.

Dalam tuntutannya, Tanikumi mengungkapkan, Frozen melanggar hak cipta atas dua buku yang ditulisnya, Living My Truth dan Yearning of the Heart. Dua buku itu ditulis berdasar kisah hidupnya. 

Dalam gugatan hukum yang diajukan tanggal 21 September itu, Tanikumi menyebut, "karakter, plot, subplot, dan jalan cerita" film Frozen diambil dari bukunya.

Tanikumi menyertakan 18 contoh kesamaan antara dua bukunya dengan film Frozen, termasuk setting desa, kakak-beradik, adegan kakak tidak sengaja menyakiti si adik, si adik kehilangan ingatan, bahkan ada dua karakter pria bernama Hans dan Christoff. Di film Frozen, karakter cowok bernama Hans dan Kristoff.

Dalam tuntutannya, Tanikumi meminta pengadilan melarang Disney "melakukan penghentian penjualan, distribusi, maupun pemasaran film Frozen di semua media, serta meminta pembayaran ganti rugi atas pelanggaran hak cipta USD250 juta. Dia juga meminta pembayaran biaya pengadilan, serta pembayaran lain yang ditentukan pihak pengadilan."

Sementara itu, pihak Disney belum berkomentar atas tuntutan tersebut. Demikian seperti dilansir dari TheGuardian.

(Okezone/nsa)