Mengenang 6 Tahun Kematian Michael Jackson
Sunday, 14 February 2016
Mengenang 6 Tahun Kematian Michael Jackson

Tidak terasa enam tahun sudah Michael Jackson wafat. Penyanyi yang menyandang julukan King of Pop itu pergi dengan segudang peninggalan berharga di dunia musik.

Pada 25 Juni 2009, penyanyi yang akrab disapa MJ itu meninggal dengan posisi terbaring di ranjang, di mansion yang dia sewa di Holmby Hills, Los Angeles.

Banyak rumor seputar sebab kematian Michael, tetapi salah satu yang diyakini adalah over dosis narkoba. Terlepas dari penyebabnya, penyanyi kelahiran 29 Agustus 1958, itu memberi sumbangsih luar biasa pada dunia musik.

Michael adalah inspirator utama dari sederet penyanyi hebat, mulai dari Usher, Chris Brown, Justin Timberlake, hingga Justin Bieber.

Dampak yang dibawa Michael tidak terbatas pada dunia musik saja. Dia membuktikan bahwa penyanyi kulit hitam bisa sejajar dalam industri musik pop yang identik dengan penampilan musisi kulit putih.

Tom Utley, seorang penulis dari The Daily Telegraph pada 2003 menyebut Michael sebagai sosok orang yang sangat penting di dunia ini, dan jenius.

Pujian terhadap Michael juga pernah diutarakan kritikus musik majalah Time, Jay Cocks, "Michael Jackson fenomena besar setelah the Beatles."

Enam tahun berlalu, penghormatan untuk Michael masih mengalir. Grup acapella Pentatonix melakukan sebuah penghormatan dengan membawakan lagu-lagu mantan suami Lisa Marie Presley itu.

Lewat video musik berjudul Evoulution of Michael Jackson yang diunggah ke YouTube, pada 22 Juni, grup yang biasa disebut PTX itu membuat medley lagu Michael sejak era The Jackson 5 hingga karier solo.

Mulai dari Thriller, ABC, I Want You Back, I'll Be There, Human Nature, dan sederete hits lain dibawakan dengan gaya khas PTX.

Apa yang dilakukan PTX dan musisi-musisi lain yang terinspirasi Michael membuktikan bahwa meski telah tiada, pengaruh dan spiritnya akan terus hidup dan dikenang di dunia musik.

Michael Jackson telah menunjukkan kepada kita bahwa selain meninggalkan kenangan, adalah karya yang akan dikenang saat manusia pergi untuk selamanya.


(metronews)