Tinggalkan Balita di Mobil, Rachel Stevens Dinilai Tak Becus Jadi Orangtua
Sunday, 14 February 2016
Tinggalkan Balita di Mobil, Rachel Stevens Dinilai Tak Becus Jadi Orangtua
Jakarta - Kritikan pedas tengah menghujani mantan personel S Club 7 Rachel Stevens. Ia dikritik lantaran meninggalkan kedua buah hatinya yang masih balita di mobil tanpa pengawasan orang dewasa.

Kejadian tersebut sempat tertangkap kamera paparazzi. Dikabarkan Daily Mail, Rachel membiarkan Minnie Blossom dan Amelia sendirian di dalam mobil selama 10 menit saat pergi berbelanja di sebuah toko di utara London, Inggris, Minggu (20/9/2015) siang. Minnie berusia empat tahun, bahkan Amelia baru genap 18 bulan.

"Awalnya saya tidak menyadari kalau penumpang yang ditinggal itu masih anak-anak. Saya langsung shock setelah mengetahuinya," ungkap seorang saksi mata kepada Sunday Mirror.

Jo Frost, ahli pangasuhan anak yang terkenal lewat serial 'Supernanny', sangat menyayangkan tindakan Rachel. Menurutnya, Rachel secara sengaja melantarkan momongannya dan sangat lalai dalam menjalankan tugasnya sebagai orangtua. Ia pun melerang keras para orang tua untuk meniru tindakan Rachel.

"Saya yakin @MsRachelStevens menyadari kalau itu (membiarkan anak) merupakan kesalahan fatal. Sudah sangat muak melihat cara para orang tua selebriti mengasuh anaknya," kicau Jo di Twitter.

Rupanya tidak semua orang setuju dengan kritikan Jo Frost itu. Sejumlah orangtua berpendapat, meninggalkan anak di rumah atau mobil tanpa pengawasan orang dewasa adalah hal yang lumrah. Hampir semua orang tua melakukannya.

Berdasarkan survei terhadap 2.000 orang tua di Inggris, terungkap mereka rata-rata pernah membiarkan buah hatinya sendiri bahkan lebih dari 22 menit.

Hukum di Inggris sendiri tidak ada yang mendikte perkara meninggalkan anak untuk semetara waktu. Dalam situs pemerintah Inggris disebutkan, "Hukum tidak mengatur umur spesifik anak yang diperbolehkan ditinggalkan oleh orang tuanya. Namun melanggar hukum apabila nyawa mereka terancam ketika ditinggal."

Hanya orang tua yang mengetahui kapan anaknya sudah bisa ditinggal dalam waktu tertentu selama tidak membahayakan keselamatan mereka.

Tapi Tim Haines sempat berurusan dengan hukum akibat meninggalkan putrinya yang baru berusia dua tahun di mobil selama lima menit. Ia dijerat hukum yang mengatur soal melantarkan anak dan sempat terancam kehilangan hak asuh kelima anaknya.

Ahli perilaku anak Richard Curtis menilai, Rachel Stevens melakukan tindakan tersebut pada waktu yang tepat berdasarkan firasatnya sebagai orang tua.

"Mudah bagi orang untuk menghakimi. Padahal ini sering terjadi di seluruh dunia setiap hari," terang Richard.

Lantas, bagaimana menurt Anda? Apakah tindakan Rachel itu sudah kelewatan? Atau sebaliknya?

(detik/kik)