The Age of Adaline : Misteri Sebuah Usia
Tuesday, 07 July 2015
The Age of Adaline : Misteri Sebuah Usia

Jenis Film : Drama, Romance
Produser : Gary Lucchesi, Sidney Kimmel, Tom Rosenberg, Alix Madigan-yorkin
Sutradara : Lee Toland Krieger
Penulis : J. Mills Goodloe, Salvador Paskowitz
Produksi : Entertainment One

Pemain: Blake Lively (Adaline Bowman), Michiel Huissman (Ellis Jones), Harrison Ford (William Jones), Ellen Burstyn (Flemming Presscot), Kathy Baker (Kathy Jones), dan Amanda Crew (Kikki Jones).
Homepage : theageofadalinemovie.com/

Sinopsis:

Kehidupan Adaline Bowman awalnya berjalan normal dan bahagia. Tapi hidupnya berubah usai mengalami sebuah kecelakaan mobil. Adaline yang lahir pada 1908 tadinya menjalani kehidupan seperti orang normal pada umumnya. Adaline muda menikah dengan seorang insinyur dan melahirkan seorang putri bernama Flemming.

Kehidupan rumah tangga Adaline hancur ketika dia kehilangan suami tercintanya. Saat hendak pulang ke rumah orangtuanya, Adaline mengalami kecelakaan mobil yang mengubah kehidupannya secara drastis. Mobilnya masuk ke dalam sungai dan ia sempat mengalami mati suri. Adaline kemudian siuman kembali tapi ternyata ia tak menua dan terkunci di usia 29 tahun.

Selama sekita 8 dekade Adaline terjebak di usia 29 tahun. Hal ini membuatnya harus terus berpindah tempat tinggal dan berganti identitas setiap 10 tahun agar keanehannya tak diketahui orang lain. Tak hanya itu, Adaline juga berusaha menjaga jarak dari orang-orang sekitarnya agar tak menarik perhatian atau terbongkar rahasianya. Hanya putrinya yang tahu identitas Adaline sebenarnya.

Namun mereka hanya sesekali bertemu agar orang lain tidak curiga dengan keberadaan Adaline. Apalagi di saat Flemming semakin menua, Adaline tetap terlihat muda. Selain itu, ia berusaha untuk tidak difoto dan tidak jatuh cinta. Meski begitu, Adaline sempat jatuh cinta dengan seorang pria. Mereka sangat dekat dan sang pria sudah berniat untul melamar Adaline. Tapi ternyata Adaline memilih untuk pergi dan kembali lari ke kehidupan lainnya.

Walaupun begitu, semua usaha Adaline itu mulai terhenti ketika dia bertemu dengan sosok Ellis Jones. Adaline yang sudah mengganti namanya menjadi Jenny, selama puluhan tahun menutup hatinya akhirnya jatuh cinta pada sosok karismatik Ellis.

Sampai pada satu waktu, Ellis mengajak Adaline untuk datang ke acara ulang tahun pernikahan orangtuanya. Namun, siapa sangka ternyata ayah Ellis adalah pacar Adaline di masa lalu. Takut rahasia dan jati dirinya akan terbongkar, Adaline kabur dari rumah orangtua Ellis. Ayah Ellis sempat berusaha mencegah tapi tak berhasil.

Saat pergi itulah Adaline mulai mengalami dilema. Flemming sempat menghubunginya dan meminta ibunya untuk melabuhkan hatinya lagi pada seorang pria. Adaline merasa lelah karena selalu lari dari satu kehidupan ke kehidupan lainnya. Di sisi lain, ia ragu apakah Ellis bisa menerima dirinya yang sebenarnya.

Review:

The Age of Adaline merupakan sebuah film bergenre drama romantis. Film ini bisa dibilang kebalikan dari The Curious Case of Benjamin Button (2008) yang dibintangi Brad Pitt. FIlm itu mengisahkan tentang seorang pria yang terlahir dengan keanehan tersendiri. Dia lahir dengan kondisi orang tua.

Seiring perjalanan waktu dia malah semakin muda. Jadi perjalanan usianya berbanding terbalik dengan kondisi tubuhnya. The Curious Case of Benjamin Button meraih sukses dan disukai banyak penonton. The Age of Adaline sebenarnya menyajikan tema yang menarik. Film ini memberikan renungan buat kita terutama untuk mereka yang selalu ingin terlihat awet muda dan bahkan hidup abadi.

Selalu terlihat muda ternyata tak selalu menjamin kebahagiaan. Apalagi kalau kita mengalami kejadian seperti Adaline. Rasanya sulit bagi kita untuk terus berganti identitas, menyaksikan orang-orang yang kita cintai mendahului kita dan tidak punya seseorang yang tumbuh tua bersama kita. Sayangnya dengan teman yang menarik, film ini dikemas dengan biasa saja dan tidak spektakuler seperti The Curious Case of Benjamin Button.

Hasilnya, The Age of Adaline tidak termasuk film box office meski tidak bisa dibilang mengecewakan. Setidaknya para penyuka film drama romantis bisa ikut terhanyut dalam cerita meski terkesan agak klise dalam endingnya. Yang membuat film ini enak ditonton adalah penampilan Blake Lively dan Harrison Ford. Blake Lively yang kelahiran 1987 ini mampu menghidupkan sosok Adaline sesuai dengan masanya, mulai 1908 hingga 2014.

Aktris cantik yang mulai dikenal sejak membintangi serial Gossip Girl ini menampilkan permainan yang memikat. Akting apik Blake yang dipadu dengan akting pemain-pemain lain mampu membuat penonton merasakan emosi sepanjang film. Aktor senior Harrison Ford juga tampil memukau meski baru tampil setelah pertengahan film. Saat Blake Lively bertemu dengan Harrison Ford emosi penonton mulai terbawa dengan alur cerita berkat akting mereka yang menyakinkan.

Pemain lainnya yang cukup menonjol adalah Michiel Huisman yang berperan sebagai Ellis. Aktor asal Belanda ini juga dikenal sebagai vokalis sekaligus gitaris band Fontane. Huisman sudah cukup dikenal berkat perannya sebagai Daario Naharis di serial Game of Thrones.

The Age of Adaline menyajikan cerita yang cukup menarik dan bisa memuaskan para penggemar drama romantis. Akting Blake Lively dan Harrison Ford membuat film ini semakin menarik untuk ditonton.

(Bintang.com)