The Good Dinosaur
Wednesday, 02 December 2015
The Good Dinosaur
Rasa takut seringkali menjadi bumerang bagi diri sendiri. Khususnya pada mereka yang tak bisa menghadapi rasa takut, film The Good Dinosaur adalah tontonan yang pas buat kalian.
 
Alkisah 65 juta tahun yang lalu, saat masih zaman dinosaurus. Hiduplah sekeluarga Apatosaurus yang dipimpin oleh Henry dan istrinya. Mereka hidup berkebun, memelihara hewan ternak dan bercocok tanam. Keduanya pun akhirnya melahirkan 3 ekor anak yang lucu-lucu. Mereka adalah Libby, si betina yang manis, Buck yang garang, pemberani, dan jahil, serta terakhir, Arlo, si polos dan penakut.
 
The Good ...
 
Kehidupan yang bahagia terus mengikuti keluarga ini. Ketiga anak tersebut selalu membantu papa dan mama mereka dalam bercocok tanam. Libby biasa membantu ibunya, Buck bertugas dengan hal-hal berat, sedangkan Arlo bertugas memberi makan hewan ternak.
 
Ladang jagung yang selama ini mereka urus dan kembangkan akhirnya membuahkan hasil. Tibalah saatnya untuk melakukan tradisi, dimana papa dan mama akan membuat tanda dari telapak kaki mereka dan ditempelkannya pada sebuah dinding batu. Namun hal itu tidak boleh sembarang dilakukan, hanya mereka yang sudah berhasil melakukan sesuatu yang boleh membuat tanda di dinding batu tersebut.
 
The Good ...
 
Tak perlu waktu lama, anak-anak mereka langsung termotivasi dengan tanda di dinding batu itu. Dan tidak sulit ditebak, Buck lah yang pertama kali membuat tanda diantara saudara-saudaranya, kemudian menyusul Libby. Tinggallah Arlo, yang masih belum berhasil melakukan apapun, bahkan belum berhasil menaklukkan rasa takutnya.
 
Sampai suatu ketika, Arlo dihadapkan dengan suatu kenyataan pahit, dan situasi yang memaksanya untuk 'keluar' dari rasa takutnya. Arlo terbawa hingga jauh dan terus menjauh dari rumahnya. Sendirian, dan dekat dengan bahaya.
 
The Good ...
 
Ya, kisah di atas adalah penggalan cerita dari film terbaru Disney yang berkolaborasi dengan Pixar berjudul The Good Dinosaur. Dalam perilisannya di Indonesia, film tersebut dibuat 2 versi yaitu berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Untuk yang versi bahasa Indonesia, film animasi ini diberi judul Dino yang Baik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para penonton yang khususnya anak-anak untuk menikmati alur filmnya.
 
Sesuai dengan judulnya, The Good Dinosaur, film besutan Peter Sohn ini sangat layak dan sangat direkomendasikan untuk disaksikan oleh anak-anak. Selain dari pengadeganan yang menghibur, The Good Dinosaur juga banyak mengajarkan nilai-nilai kebajikan.
 
The Good ...
 
Pertemuan Arlo dengan seorang anak manusia, Spot, dalam perjalanannya, membuat film ini kian menyentuh. Keluarga, persahabatan, dan perjuangan menjadi nilai yang diangkat dan digarap dengan sangat elok di film  The Good Dinosaur. Sadar atau tidak, film berdurasi 100 menit ini membawa dinamika yang nyaman dan haru.
 
Kelucuan serta humor juga menjadi elemen yang cukup dominan di dalamnya. Disamping itu, image dinosaurus yang seram dan pemangsa ganas akan berubah drastis lewat  The Good Dinosaur. Seakan film ini ingin menunjukkan sisi lain dari dinosaurus yang direpresentasikan lewat jenis Apatosaurus, dimana itu adalah keputusan yang paling masuk akal.
 
Hal sederhana lain yang mampu diubah total di film ini adalah esensi rasa takut. Anak-anak khususnya, seringkali mengalami ketakutan akan hal-hal tertentu, dan dengan adanya  The Good Dinosaur, sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikir serta alam bawah sadar seorang anak dalam mengatasi rasa takutnya.