In The Heart Of The Sea
Monday, 07 December 2015
In The Heart Of The Sea
Thomas Nickerson (Tom Holland/Brendan Gleeson), sudah sangat lama berdiam diri sejak berhasil selamat dari peristiwa tenggelamnya perahu pemburu paus Essex di tahun 1820. Berbekal rumor terhadap peristiwa yang dialami Thomas, seorang penulis bernama Herman Melville (Ben Wishaw), sangat tertarik untuk mengulas lebih dalam dan mengungkap fakta sebenarnya dari mulut sang pelaut itu.
 
Walau agak alot, namun Thomas akhirnya mau mengisahkan pengalaman yang tidak bisa ia lupakan tersebut, dimana kala itu ia masih menjadi pelaut pemula berusia 14 tahun. Diakuinya, Kapten George Pollard (Benjamin Walker) dan asistennya Owen Chase (Chris Hemsworth), menjadi kunci dari peristiwa itu. Chase sebagai pelaut berpengalaman terpaksa menjadi asisten dari Kapten Pollard, yang merupakan keturunan dari pemimpin perusahaan pelayaran di Nantucket, Amerika Serikat, demi meningkatkan perekonomian keluarga kecilnya.
 
Misi dari perjalanan ini adalah untuk memperoleh minyak ikan paus sebanyak-banyaknya dan Chase akan resmi menjadi Kapten di pelayaran berikutnya. Namun di tengah perburuannya, hasil yang diharapkan ternyata tidak sesuai. Chase dan Pollar yang selalu berbeda pendapat, akhirnya sepakat untuk menjelajah sebuah tempat yang tidak pernah dilewati manusia setelah mendengar kabar ada ratusan paus disana.
 
Namun ketika mereka merasa akan menuai panen yang melimpah, sebuah petaka menimpa perahu Essex dan membuatnya hancur berkeping-keping. Berbekal keperluan seadanya, Pollard, Chase bersama anak buah kapal yang lain harus bertahan hidup di tengah lautan dan mencari cara untuk kembali pulang.
 
In The ...
 
Setelah sukses menggarap film Rush (2013) yang juga dibintangi Chris Hemsworth, Ron Howard kembali menyutradarai layar lebar yang diinspirasi dari kisah nyata. Kali ini, film adaptasi buku laris karangan Nathaniel Philbrick bertajuk In the Heart of the Sea: The Tragedy of the Whaleship Essex, menjadi pilihannya lantaran berisi pengalaman nyata dari seorang pelaut yang kapalnya diserang oleh paus berukuran raksasa.
 
Tentunya bagi yang belum membaca buku tersebut, rasa penasaran seketika akan muncul saat mendengar peristiwa itu, sama halnya ketika di tahun 1820 banyak orang yang meragukan penyebab dari tenggelamnya perahu Essex dan dianggap mitos. Inilah yang menjadi salah satu kekuatan dari film In The Heart Of The Sea, dimana sekelompok manusia yang terbiasa memburu paus sebagai bahan bakar menemukan sesuatu yang tidak biasa di perjalanannya. Disana (laut), manusia sebagai mahluk yang sempurna seketika berubah menjadi sangat kecil layaknya butiran debu. 
 
In The ...
 
Meskipun 90% film ini berlatar belakang lautan yang sangat luas, namun pesan-pesan kemanusiaannya justru terasa sangat kental, terutama ketika Chase dan Pollard harus berjuang bersama anak buah kapal mereka untuk saling membantu demi bertahan hidup. Mengenai kualitas akting, aksi Chris Hemsworth, Tom Holland, dan Benjamin Walker tentunya tidak perlu diragukan lagi. Pendalaman karakter mereka sangatlah padu dan detail. Perubahan fisik mereka terlihat berubah-ubah terutama saat para kru perahu Essex sedang 'sekarat' di tengah lautan luas.
 
Di film ini, mata sobat nonton nantinya juga akan dimanjakan dengan penggambaran lautan yang luas beserta mahluk-mahluk besar yang ada di dalamnya. Tentunya, kualitas gambar itu akan lebih terasa ketika sobat nonton menikmatinya dalam format 3D dan IMAX. 
 

Mampukah Chase dan Pollard bertahan hidup hingga kembali ke Nantucket? Apa alasan Thomas Nickerson sangat susah untuk menceritakan pengalaman pahitnya tersebut kepada orang lain? Dan sebesar apa ukuran paus yang menghancurkan perahu Essex?