Cara Ketahui Susu Segar Berkualitas yang Sehat
Sunday, 14 February 2016
Cara Ketahui Susu Segar Berkualitas yang Sehat

MANFAAT susu sebagai pelengkap makanan untuk manusia sudah tidak diragukan lagi. Tapi dari sekian bentuk dan jenis susu, susu segar dari sumber dan proses produksi berkualitas adalah yang terbaik.

Susu segar adalah minuman segar bergizi tinggi yang diperoleh dari kelenjar susu hewan mamalia yang sehat, terutama sapi. Susu segar mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti kalsium, protein, fosfor, dan juga vitamin A, B, dan D. Namun, kuantitas nutrisi juga bergantung dari kualitas.

"Susu segar adalah susu yang paling baik, karena paling dekat dengan kealamiahannya. Itu artinya, susu segar tidak boleh mengalami banyak perubahan dari keadaan di sumber aslinya," kata ahli gizi Emilia Achmadi MS, RD, dalam seminar media bertajuk "Anatomi Susu Segar" bersama Greenfields, di Jakarta, Selasa 16 Februari 2016.

Kualitas susu segar ditentukan oleh seberapa banyak zat kimia tambahan dalam susu. Perbandingan jumlah zat-zat tersebut tergantung dari makanan yang diberikan pada ternak, jenis ternak serta kesehatannya. Emilia mengatakan, susu segar berkualitas selalu bersifat organik karena bebas zat kimia tidak alami yang didapat sapi, seperti dari lingkungan tinggalnya dan pakannya.

"Susu segar yang berkualitas hampir selalu organik. Walaupun dari sisi nutrisi antara susu segar organik dan non organik tidak berbeda, tapi akan ada perbedaan pada sisi kandungan zat kimia," tuturnya.

Selain itu, susu segar akan mendapatkan kualitasnya dari proses pengolahannya sampai ke tangan konsumen. Adapun dari sekian bentuk pemrosesan susu sapi, proses pasteurisasi adalah yang paling baik dibanding proses 'ultra high temperature' (UHT) atau sterilisasi.

"Susu murni yang diproses dengan pasteurisasi akan lebih baik karena ini hanya membunuh bakteri atau patogen penyebab penyakit infeksi. Pasteurisasi tidak membunuh semua mikroba seperti pada proses UHT atau sterilisasi, sehingga kadar enzim yang bisa bermanfaat bagi kesehatan pencernaan tetap terjaga," tambah Darmanto Setyawan, selaku Head of Dairy Manufacturing - SEA, PT Greenfields Indonesia, pada kesempatan yang sama.

(okz/hel)