Daftar Sumber Tanaman Pangan Pencegah Katarak
Sunday, 14 February 2016
Daftar Sumber Tanaman Pangan Pencegah Katarak

MEMBUAT mata tetap sehat sepanjang hari caranya mudah. Apalagi Anda juga harus dituntut mencegah katarak agar tak menambah angka kebutaan di Indonesia.

Salah satunya yaitu dengan memperbanyak nutrisi makanan yang didapat dari beberapa sumber tanaman pangan berikut ini.

Almond

Kacang almond memiliki cadangan tinggi vitamin E yang membantu seseorang menurunkan risiko menderita degenerasi makula. Maka konsumsilah segenggam kacang almond untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari vitamin E Anda.

Tomat

Tomat sarat dengan karotenoid dan lycopene. Menurut beberapa studi, lycopene yang menyerap ke dalam jaringan okula, membantu mencegah kerusakan ringan yang diinduksi ke retina dan bagian lain dari mata. Juga, buah ini sarat akan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Stroberi dan jeruk

Dua jenis buah-buahan ini kaya vitamin C dan bioflavonoid, yang membantu mengurangi risiko mengembangkan degenerasi makula dan katarak. Tak hanya itu, vitamin C juga membantu tubuh untuk membentuk kolagen yang ditemukan di kornea mata.

Pistachio

Kacang pistachio asal Timur Tengah ini juga termasuk salah satu jenis kacang yang mengandung lutein dan zeaxanthin, serta cadangan tinggi vitamin E. Di samping itu, kacang ini juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang membantu dalam penyerapan karotenoid. Demikian dilansir Boldsky, Selasa (23/2/2016).

(okz/vin)