Ternyata 5 Cara Ini Bisa Atasi Kenakalan Anak
Monday, 29 February 2016
Ternyata 5 Cara Ini Bisa Atasi Kenakalan Anak

ORANGTUA kerap melihat kenakalan anak lewat sudut pandang berbeda. Misalnya, anak susah makan, tidak mau tidur siang, manja, atau merengek di supermarket.

Contoh di atas sebetulnya bukan kenakalan luar biasa. Hanya saja memang tidak boleh dibiarkan sebab akan menjadi kebiasaan. Sebelum terlambat dan anak menjadi tidak penurut, hentikan kebiasaan itu secepatnya. Inilah kiat mencegah kenakalan anak sebelum terlambat.

Berhenti mengabaikan kebiasaan jelek

Jangan berharap kebiasaan buruk anak akan berhenti sendiri. Jika orangtua tak menghentikan maka itu tidak akan terjadi. Apabila anak mulai manja, hentikan itu dengan tidak menuruti semua keinginan mereka.

Jangan biarkan anak bicara buruk

Apabila anak mulai bicara tidak sopan, jangan langsung marah kemudian membentak. Cobalah ambil segelas air putih kepada anak, setelah itu jelaskan kalau tidak demikian caranya bicara pada orangtua.

Berlakukan etika saling menghargai

Biasakan anak mengucapkan kata ‘tolong’ jika butuh bantuan, kalau dia tidak mengucap kata-kata itu sebaiknya tidak dibantu. Biasakan pula mengatakan “Terima kasih, permisi, dan maaf”.

Ajarkan menanggung konsekuensi

Merengek, memukul, atau mengigit sering dilakukan balita. Meski itu wajar, namun tidak boleh dibiarkan. Tunjukkan kalau Anda sedih, sakit, dan tidak bisa melakukan sesuatu karena telah dipukul. Minta mereka bertanggung jawab dan meminta maaf.

Jangan sampai orangtua ‘kecolongan’

Orangtua perlu berhati-hati dalam bersikap. Ketika Anda ingin marah dengan pelayan restoran karena salah memawarkan pesanan, jangan marah, memaki, atau mengeluarkan kata-kata kotor di dekat anak. Jaga sikap Anda, baik di dunia nyata atau pun di media sosial. Demikian dilansir Popsugar, Senin (29/2/2016).

(okz/vin)