Cara Cerdas Hentikan Tangisan Bayi di Tempat Umum
Tuesday, 01 March 2016
Cara Cerdas Hentikan Tangisan Bayi di Tempat Umum

ANAK yang tidak terbiasa berkumpul dengan orang banyak biasanya akan menangis dan tak mau lepas dari dekapan orangtua. Untuk itu, orangtua harus melatih anak beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda.

Orangtua memiliki tugas yang sulit untuk membuat anak nyaman dengan lingkungannya. Berikut ini beberapa cara untuk melatih anak berdaptasi di lingkungan berbeda dan menghentikan tangisan anak.

Membawa baby walker

Misalnya, Anda ingin mengajak anak arisan. Jangan lupa membawa baby walker. Biarkan anak duduk di baby walker-nya saat acara berlangsung. Jadi, dia nyaman dan merasa tetap berada di dunianya.

Perlengkapan bayi

Jangan mengandalkan restoran menyediakan banyak tisu untuk bayi Anda. Bawa tas bayi berisi popok, susu, dan baju ganti. Pastikan kebutuhan anak ada di dalam tasnya. Sediakan pula beberapa mainan untuk menghiburnya.

Turuti kemauannya

Jangan pernah meremehkan rasa penasaran anak. Ketika berada di lingkungan baru tentu anak akan penasaran dengan yang ada di sekelilingnya. Maka jangan mengurung anak di kursi sampai dia bosan. Kenalkan situasi sekitar agar anak nyaman.

Properti tambahan

Hal lain yang harus disertakan untuk melengkapi kebutuhan anak adalah stiker. Saat anak makan di restoran, tidak ada sendok atau piring plastik dan hiasan anak-anak di sana. Untuk itu bawalah beberapa stiker mobil-mobilan atau hewan kemudian tempel di meja makan. Ini menjadi magnet bagi anak sehingga tidak merasa ada di tempat asing. Demikian dilansir Familyshare, Selasa (1/3/2016).

(okz/vin)