Trik Psikologi Ini Disebut Bisa Pendam Hasrat untuk Makan
Friday, 18 March 2016
Trik Psikologi Ini Disebut Bisa Pendam Hasrat untuk Makan

Jakarta, Rasa mengidam makanan tertentu sebetulnya dialami oleh semua orang, namun bagi mereka yang sedang kesulitan menjaga berat badannya hal ini bisa jadi tantangan berat.

Untuk mengontrol hasrat makan ini ada beberapa cara yang disarankan oleh ahli mulai dari mengalihkan perhatian dengan aktivitas lain sampai menggunakan trik psikologi yang bisa menguatkan pikiran. Dalam sebuah video ilustrasi oleh Brit Lab berjudul 'How To Control Your Craving' misalnya seseorang bisa mencoba melawan hasrat dengan memikirkan makanan yang ingin dimakan.


Pembawa acara dalam video, Michael Mosley, menjelaskan tehnik ini pernah dilakukan oleh Professor Carey Morewedge dari Boston University pada tahun 2015 lalu terhadap 200 orang pencinta coklat. Saat itu para peserta diminta untuk membayangkan coklat sesering mungkin sebelum memakannya. "Gagasannya adalah ketika Anda membayangkan memakan makanannya hal ini akan mengurangi rasa mengidam Anda. Mungkin terdengar sulit dipercaya tapi studi menunjukkan memang benar bisa," kata Mosley seperti dikutip dari kanal Youtube Brit Lab, Jumat (18/3/2016).

Dalam eksperimen yang dilakukan oleh Carey, partisipan dibagi menjadi dua kelompok dengan satu kelompok diminta untuk membayangkan makan coklat tiga kali sementara kelompok lainnya membayangkan makan coklat hingga 30 kali.

Hasilnya kelompok yang membayangkan makan coklat sampai 30 kali terbukti 40% mengonsumsi coklat lebih sedikit ketika sang makanan disajikan di hadapannya.

Mosley mengatakan dengan partisipan membayangkan tekstur dan rasa coklat berulang-ulang kali di otak, dirinya bisa lebih mudah mengontrol hasrat. Rasa mengidam dijelaskan bisa muncul karena otak mengeluarkan hormon 'kesenangan' dopamin saat seseorang mengonsumsi makanan favoritnya, oleh karena itu latihan membayangkan bisa dipakai untuk melatih agar efek dopamin ini tak terlalu kuat (fds/up).