Agar Jantung Tetap Sehat saat Diet, Konsumi Makanan Ini
Monday, 21 March 2016
Agar Jantung Tetap Sehat saat Diet, Konsumi Makanan Ini

SOLO - Ingin menjalankan program diet tapi terhalang risiko penyakit jantung? Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu mendisiplinkan diri untuk mengonsumsi lima makanan dalam tips kali ini.

Berikut ini Solopos.com hadirkan daftar makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dalam program diet Anda, sebagaimana dilansir Huffingtonpost.

Oatmeal

Oatmeal atau gandum adalah bahan makanan tinggi serat yang mengandung senyawa beta-glucans. Kedua zat ini berguna untuk menurunkan kolesterol serta menstabilkan tekanan darah. Oatmeal juga baik untuk program diet karena memiliki protein dan serat tinggi.

Buncis

Buncis memiliki kandungan protein, serat, folat, zat besi serta berbagai macam vitamin. Sayuran ini juga bermanfaat bagi jantung karena dapat menurunkan risiko kolesterol

Tomat

Pada tomat, terdapat berbagai macam vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa lycopenen, potasium dan vitamin C dalam tomat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, buah ini juga mengandung sedikit gula dan garam. Karena itu, tomat merupakan alternatif bahan makanan yang baik uuntuk dikonsumsi saat diet.

Salmon

Ikan salmon terkenal kaya akan kandungan Omega 3. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh dan menurunkan resikko timbulnya plak pada pembuluh darah.

Bunga Kol

Bunga kol merupakan sayuran yang memiliki kemiripan struktur dengan brokoli. Sayuran ini mengandung banyak serat, vitamin C, vitamin K hingga foalt. Sayuran ini juga mengandung potasium tinggi. Karena itu, bunga kol digolongkan sebagai makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Bunga kol adalah makanan rendah kalori, untuk itu memasukkan sayuran ini dalam menu diet merupakan ide bagus.

(okz/amr)