Bisa Jadi Gejala Endometriosis, Jangan Anggap Remeh Nyeri Perut Saat Haid
Monday, 21 March 2016
Bisa Jadi Gejala Endometriosis, Jangan Anggap Remeh Nyeri Perut Saat Haid

Jakarta, Tak sedikit wanita yang menganggap nyeri haid merupakan sesuatu yang normal. Padahal, jika itu terjadi tiap kali datang bulan tiba, bisa saja merupakan gejala endometriosis.

Salah satu gejala umum yang kerap dialami wanita dengan endomteriosis adalah nyeri haid yang juga disebut dengan dysmenorrhea dan kadang disertai kram. Sayangnya, kondisi itu kerap dianggap normal sehingga wanita tidak memeriksakan diri ke dokter.

"Kram biasanya terasa di bagian rahim sementara rasa sakit dan nyeri lebih terasa di area peritoneum (membran yang melapisi perut-red) dan ligamen. Nyeri akibat endometriosis pun tidak hilang dalam satu hari, durasinya bisa lebih dari dua hari bahkan setelah haid selesai," tutur dr Tamer Seckin, co-founder sekaligus direktur medis Endometriosis Foundation of America (EFA).

Dikutip dari situsnya, drseckin.com, ia menambahkan bahwa nyeri akibat endomteriosis juga tidak akan membaik meski diberi analgesik atau bahkan pil KB. dr Seckin mengungkapkan, sekitar tiga dari empat wanita dengan endometriosis memiliki riwayat nyeri haid yang menyakitkan disertai kram sejak haid di masa remaja.

Beberapa waktu lalu, Prof. Dr. dr. Ali Baziad, SpOG(K), dari Divisi Endokrinologi Reproduksi, Departemen Ilmu Kebidanan dan Kandungan FKUI/RSCM mengatakan jika perut sakit saat haid, jangan anggap enteng dan menunda untuk diperiksa. Sebab, perlu dipastikan apakah nyeri tersebut akibat endometriosis atau bukan.

"Paling banyak terjadi pada remaja. Apa tandanya? Saat menstruasi hari pertama sakit perut parah, guling-guling, mual muntah, sakit kepala. Tapi pada hari kedua ketiga dan keempat sudah hilang," ujar Prof Ali.

Endometriosis merupakan penyakit kronik di mana jaringan endometrium yang terdapat di dalam rahim (uterus) ditemukan tumbuh di tempat lain dalam tubuh. Jaringan ini membentuk lesi endometrium yang sangat sering ditemukan pada indung telur dan semua organ di dalam panggul wanita.

(dtk/rdn/vit)