Berat Badan Berlebih Bikin Ingatan Kacau
Wednesday, 23 March 2016
Berat Badan Berlebih Bikin Ingatan Kacau

TUMPUKAN lemak yang terus bertambah di perut dan paha Anda bisa disalahkan bila Anda merasa kemampuan mengingat mulai kacau akhir-akhir ini. Kaitan antara indeks massa tubuh di atas normal dan daya ingat ini telah dibuktikan oleh penelitian di University of Cambridge.

Dalam studi, partisipan yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau kegemukan mendapat nilai yang 15 persen lebih rendah pada tes ingatan memori daripada mereka yang memiliki indeks massa tubuh normal, yaitu di bawah angka 25. Tumpukan lemak berlebih dianggap bisa mempengaruhi sistem lainnya di tubuh, Lucy Cheke, PhD.

Lemak berlebih tidak hanya bisa mengganggu insulin, tetapi juga mengganggu sinyal antara saraf-saraf di otak Anda. Ketika proses ini terganggu, kemampuan kognitif Anda akan dihajar, katanya. Namun, orang menjadi gemuk karena kemampuan otaknya yang lemah.

Sebagai contoh, ketika Anda makan malam sambil menonton TV atau bermain smartphone, kemungkinan besar Anda akan makan lebih banyak berikutnya ketika makanan baru dihidangkan. Untuk mencegah makan berlebih yang picu kegemukan, Anda harus membuat kegiatan makan sebagai sesuatu yang dapat diingat.

"Semakin baik menyadari dan mengingat makanan Anda, maka Anda tidak akan cenderung cepat merasa lapar," katanya, seperti dilansir dari Menshealth, Rabu (23/3/2016). Kabar baiknya, efek negatif berat badan berlebih dan kemampuan mengingat dapat diperbaiki dengan menurunkan dan mengontrol berat badan.

Nah, bagi Anda yang senang memfoto makanan dan mempostingnya di Instagram, ini bisa menguntugkan bagi pelaku diet karena bisa mengingatkan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnua, kata sebuah studi dalam International Journal of Consumer Studies found.

(okz/jjs)