Perhatikan 3 Hal Ini jika Tak Ingin Anak Tumbuh Negatif
Wednesday, 23 March 2016
Perhatikan 3 Hal Ini jika Tak Ingin Anak Tumbuh Negatif

HARAPAN semua orangtua tentunya anak dapat tumbuh menjadi orang berguna bagi lingkungan sekitar, bahkan lebih luas. Demi terwujudnya itu orangtua perlu mengajarkan nilai dan norma berhubungan dengan sesama.

Nilai-nilai menghormati, tolerasi, menyayangi, dan berbagi merupakan bekal yang harus dimiliki anak agar mudah diterima lingkungan. Jika tidak, bersiaplah mereka akan dibenci. Guna mengantisipasi, orangtua perlu mewaspadai tanda-tanda anak bakal dijauhi lingkungan berikut.

Otoriter dan tidak menghormati

Jika guru mengatakan soal ketidakmampuan anak Anda bergaul di kelas, saatnya mengajarkan bahwa aturan dibuat untuk dipatuhi. Pertanyakan pemikiran mereka kemudian berikan nasihat untuk tidak mengabaikan aturan.

Tidak mau meminta maaf

Semua orang membuat kesalahan. Namun, tidak semua meminta maaf. Jika anak Anda memiliki ketidakmampuan mengakui kesalahan dan meminta maaf, Anda perlu mendidiknya lebih keras.

Dijauhi teman

Jika anak Anda dijauhi teman, jangan terburu-buru berpikir anak lain jahat. Mungkin saja ada perilaku anak yang tidak baik sehingga memberi pengaruh buruk yang membuat mereka dijauhi. Demikian dikutip Familyshare, Rabu (23/3/2016).

(okz/vin)