Alasan Aneh Makan Lebih Banyak saat Depan Televisi
Monday, 28 March 2016
Alasan Aneh Makan Lebih Banyak saat Depan Televisi

JANGAN biarkan TV Anda menyala ketika sedang makan malam. Alasannya pasti akan membuat Anda yang sedang giat menurunkan berat badan terkesiap. Anda cenderung makan lebih banyak karena suara Anda mengunyah kalah dengan suara TV.

Peneliti dari Brigham Young and Colorado State Universities menemukan ini ketika membiarkan peserta studi mereka mengunyah roti pretzel sambil mendengarkan headphone yang memainkan musik lembut dan keras.

Peserta yang mendengar musik lebih keras daripada suara mengunyah mereka makan roti pretzel 45 persen lebih banyak daripada mereka yang mendengar lagu dari headphone dengan volume rendah.

Hal ini diperkirakan, suara makanan ketika dihancurkan dan suara mengunyah membuat Anda lebih sadar dengan seberapa banyak makanan yang dimakan, kata perwakilan penulis studi, Gina Mohr, PhD.

Jadi, pilih tempat dengan suasan lebih tenang dengan mengecilkan suara TV atau musik selama makan akan membantu Anda menghindari makan lebih banyak, kata Mohr, seperti dilansir dari Menshealth, Senin (27/3/2016).

"Semua ini tentang bagaimana kita menyadari apa yang kita makan. Semakin Anda perhatian dengan rasa, tekstur, dan suara makanan Anda, makan Anda akan cepat puas," terangnya.

(okz/ren)