Terapkan Tips Ini agar Anak Bertanggung Jawab
Monday, 28 March 2016
Terapkan Tips Ini agar Anak Bertanggung Jawab

JANGAN hanya mengajarkan atau memberi wejangan untuk membuat anak bertanggung jawab. Tunjukkan aksi nyata agar anak dapat mengetahui dengan jelas bagaimana sikap tanggung jawab harus ada dalam dirinya.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat anak menjadi diri yang bertanggung jawab.

Segala sesuatu memiliki tempat

Buat tempat yang difungsikan untuk menyimpan barang-barang anak Anda seperti tas sekolah, rak sepatu, rak buku untuk buku teks, dan lain-lain.

Sehingga, mereka tahu di mana barang-barang mereka saat tidak digunakan. Juga, atur mainan anak dengan memiliki kotak khusus untuk Lego, mainan lunak, buku, dan lain sebagainya. Sehingga mainan mudah ditemukan.

Jadi teladan

Anak akan menyerap dan melakukan segala yang mereka lihat dari orang dewasa. Maka dari itu, mencontohkan tanggung jawab dengan memperlihatkan bagaimana mengerjakan pekerjaan rumah yang sudah menjadi tugas sehari hari. Seperti, mencuci piring, menyapu, membersihkan lantai dan lain sebagainya.

Praktikkan

Tak lengkap bila tak mempraktikkan secara langsung mengenai tanggung jawab pada anak. Contoh kecil, berikan anak tanggung jawab untuk merawat rumah seperti, membersihkan kamar, menata lemari bajunya sendiri, dan selalu meletakkan barang ke tempat semula setelah memakainya. Demikian dilansir Kidspot, Senin (28/3/2016).

(okz/vin)