Siasat Penuhi Asupan Cairan pada Lansia
Wednesday, 30 March 2016
Siasat Penuhi Asupan Cairan pada Lansia

LANSIA adalah salah satu golongan orang yang sering kesulitan memenuhi kebutuhan cairan harian. Maka, mereka pun sering menderita dehidrasi yang sangat membahayakan.

Spesialis Kedokteran Olahraga dr Grace Tumbelaka SpKO mengatakan, lansia merupakan populasi khusus di dalam kehidupan manusia. Begitu juga dengan kebutuhan air yang harus dikonsumsinya sudah mulai berkurang dibandingkan orang dewasa.

"Karena fungsi organ mereka menurun, termasuk kadar air, akses cairan untuk penuhi hidrasi jadi sulit. Presentase kebutuhan cairan harian mereka pun, tapi harus tetap disiasati," katanya saat dijumpai di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dia menyebutkan, seorang lansia membutuhkan asupan cairan sekira 1.600 ml setiap hari. Ini harus dipenuhi untuk tetap menjaga fungsi organ tubuh secara optimal.

Director Micronutrient Initiative Dr Elvina Karyadi MSc SpGK PhD mengatakan, lansia sangat sulit memenuhi kebutuhan cairan harian karena berbagai faktor. Mereka sering lupa minum air putih dan terjadilah dehidrasi.

"Untuk memenuhi kebutuhan cairan orang tua jangan dihitung dari minuman saja. Ini dapat disiasati dengan konsumsi makanan yang berkuah seperti sop," terangnya.

Cara ini tentu memudahkan seorang lansia menghindari dehidrasi, juga memenuhi kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya yang rawan lemah.

(okz/ndr)