Jangan Atasi Bau Badan dengan Parfum!
Friday, 29 April 2016
Jangan Atasi Bau Badan dengan Parfum!

MASALAH bau badan memang sangat mengganggu. Sebagian besar orang bahkan ada yang mengatasinya dengan menyemprotkan parfum. Namun, tahukah Anda jika langkah yang dilakukan tersebut salah?

Pasalnya, masalah bau badan yang timbul selama aktivitas disebabkan berkembangnya bakteri, yang tidak bisa diatasi hanya dengan parfum. Masalah tersebut muncul akibat sekresi (keringat) yang keluar melalui kelenjar apokrin dan bercampur dengan bakteri.

Langkah tepat menghilangkan bau badan tentu dengan membersihkan bakteri, bukan menyemprotkan parfum di bagian tubuh yang menghasilkan keringat.

"Parfum itu hanya mengandung pewangi dan alkohol, tidak ada kandungan zat anti perspirant yang dapat mengurangi bakteri. Sehingga penggunaannya tidak dianjurkan," papar dr. Vinia Ariani Permata, SpKK, dalam acara peluncuran Rexona Antibacterial Defense, di 3 Wise Monkey, Senopati, Jakarta Selatan, Kemarin.

Lebih lanjut, dokter Vinia menambahkan jika penyemprotan parfum di ketiak pun tidak disarankan. Selain dapat menyebabkan kulit iritasi, jika bercampur dengan bau badan maka bau yang ditimbulkan akan semakin tidak sedap.

"Parfum yang disemprotkan ke ketiak tidak disarankan karena dapat menyebabkan iritasi, kulit area ketiak kan tipis dan sensitif. Ditambah kalau aroma parfum dicampur bau badan, baunya akan menjadi tidak karuan. Sehingga memang yang paling tepat adalah penggunaan deodoran," pungkas dokter Vinia.

(okezone/ren)