Ternyata Ini saat Anak Butuh Sosok Ibu
Monday, 02 May 2016
Ternyata Ini saat Anak Butuh Sosok Ibu

BIASANYA rasa cinta dan butuh terhadap seseorang itu baru terasa saat orang itu jauh atau tak ada di sisi. Begitu pula rasa cinta pada orangtua.

Sering kali anak mengabaikan nasihat ibu. Apa yang ibu katakan hanya dianggap 'angin lalu'. Namun, ketika jarak memisahkan, barulah anak merasa kehilangan dan menyadari betapa berartinya sosok ibu.

Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan, di saat sedang jauh dengan orangtua, maka di situlah kenangan kebersamaan dengan ibu muncul. Sehingga, mereka ingin sekali mengekspresikan kerinduan dan cintanya.

"Terdapat tiga alasan munculnya ekspresi cinta dan kasih sayang dalam keluarga yang bisa terungkap, yaitu momentum, situasional, dan karakteristik. Ketiga unsur tersebut dapat menciptakan dorongan emosional yang kuat, dimana kenangan intim bersama anggota keluarga kembali muncul sehingga sang anak merasakan kembali pentingnya peran orangtua dalam kehidupan mereka," ujar Ratih Ibrahim, beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Ia menjelaskan, berdasarkan penelitian Papalia, Olds, dan Feldman tahun 2004, meski kenangan bersama ibu telah pudar, tak berarti hilang karena sudah tersimpan dalam memori anak.

"Maka diperlukan momentum kuat untuk menggali memori tersebut sehingga menciptakan moment of truth terjadi ketika sang anak menyadari usia ibunya yang mulai menua sehingga timbul keinginan untuk membahagiakan ibu," tutupnya.

(okezone/vin)