Wow, Minum Jus Ceri Ampuh Turunkan Tekanan Darah
Thursday, 12 May 2016
Wow, Minum Jus Ceri Ampuh Turunkan Tekanan Darah

HAMPIR semua orang suka makan ceri karena rasanya yang manis. Tapi, tahukah Anda bila minum segelas jus ceri dapat memberikan manfaat kesehatan?

Nah, mungkin banyak yang belum tahu kalau minum segelas jus ceri setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jadi, orang-orang yang memiliki penyakit hipertensi bisa minum segelas jus ceri untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Kita semua tahu bahwa penderita hipertensi membutuhkan banyak obat untuk mengontrol tekanan darah mereka. Namun, sebuah studi baru menemukan bahwa minum segelas jus ceri dapat mengurangi ketergantungan terhadap obat penurun tekanan darah.

Selama studi, penelitian dari Northumbria University, Newcastle menemukan bahwa pria dengan gejala awal hipertensi memperlihatkan penurunan 7 persen tekanan darah setelah minum segelas jus ceri. Penurunan ini sebanding dengan yang dicapai oleh obat anti-hipertensi.

"Besarnya efek penurunan tekanan darah yang kami amati ini sebanding dengan yang dicapai bila minum obat anti-hipertensi. Kami menyoroti pentignya potensi ceri dalam mengontrol tekanan darah tinggi," ujar penulis utama penelitian, Karen Keane yang dikutip Zeenews, Kamis (12/5/2016).

Para peneliti percaya bahwa senyawa tertentu dalam ceri berperan penting menurunkan tekanan darah. "Kami percaya manfaat ini mungkin terkait dengan gabungan beberapa senyawa dalam konsentrat ceri dan dampak positifnya mengerahkan pada fungsi vaskular," kata pemimpin penelitian, Glyn Howatson.

(okezone/hel)