Menyampaikan Ide dengan Cara Ini Bikin Anda Sukses
Thursday, 12 May 2016
Menyampaikan Ide dengan Cara Ini Bikin Anda Sukses

SETIAP ide sebenarnya selalu patut didengarkan. Tetapi sayangnya banyak orang yang enggan menyampaikan pendapatnya karena ragu idenya diterima atau takut orang lain mengira Anda mencari muka. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini yang bisa membuat Anda berani mengungkapkan pendapat di tempat kerja.

Sebelum bicara, dengarkan

Anda perlu mendengar apa yang dikatakan orang lain sebelum memulai bicara. Anda bisa belajar dari apa yang dikatakan orang lain. Terlebih, Anda bahkan bisa mengolaborasikan ide Anda dengan orang tersebut sebagai solusi yang lebih baik.

Berpikiran terbuka

Jika Anda memiliki pikiran terbuka pada informasi baru, Anda mungkin berubah pikiran. Hal tersebut sah-sah saja karena mengeksplor dan melihat perubahan situasi memungkinkan pandangan seseorang ikut berubah. Anda pun tentunya tak ingin dianggap keras kepala dengan menutup segala kemungkinan dan keukeuh pada pendirian, bukan?

Uji keberpihakan

Semua orang melihat dunia dengan kacamata yang berbeda. Namun, Anda perlu berhati-hati pada prasangka atau saat menyimpulkan sesuatu. Berikan kesempatan pada orang lain untuk membagikan pendapat mereka, bahkan pada orang yang terlihat sangat menyebalkan.

Beranilah mengangkat tangan

Mungkin Anda berada pada jajaran paling rendah di kantor, atau Anda merasa tak percaya diri untuk menyampaikan ide. Cobalah menemukan sumber masalah yang menyebabkan Anda sungkan menyampaikan pendapat. Jangan biarkan pikiran negatif menjauhkan Anda dari kontribusi di dalam pekerjaan.

Pada intinya, Anda perlu mengetahui dua hal untuk menyampaikan ide dalam diskusi yang berkenaan dengan pekerjaan. Yang pertama, Anda harus memperhatikan perilaku diri sendiri dan mengerti akan dinamika kantor. Kedua, pilih waktu dan tempat paling nyaman untuk menyampaikan pemikiran dengan baik. Demikian dilansir Sheknows, Rabu (11/5/2016).

(okz/vin)