Trik Cerdas Gabungkan Passion dengan Pendidikan
Tuesday, 17 May 2016
Trik Cerdas Gabungkan Passion dengan Pendidikan

MEMILIH jurusan kuliah yang tidak sesuai passion akan terasa berat dijalani kalau tidak pintar-pintar menyiasatinya. Beruntung, penyanyi Yemima Hutapea cepat menemukan celah bahwa kesukaannya bermusik ada hubungan dengan jurusan kuliah yang diambilnya.

Gadis berusia 21 tahun itu kini sedang menyelesaikan kuliah di jurusan Hubungan Internasional (HI). Di saat yang sama ia juga sedang meniti karier yang sudah menjadi impian sejak lama, yakni di bidang musik.

Passion saya sebetulnya di musik. Alasan mengapa akhirnya memilih jurusan HI karena tertarik dengan keuntungannya menjadi seorang diplomat. Seperti, bebas hukum dan bisa jalan-jalan ke berbagai negara karena tugas,” ucap Yemima mulai bercerita.

Karena tidak sesui passion, pernah terlintas di benaknya ingin meninggalkan kuliah, tapi suatu momen membuat Yemima justru yakin bahwa jurusan yang dipilih ini tepat, dan dapat mendukung passion-nya dalam bermusik.

“Awalnya berpikir kuliah tak ada hubungannya dengan passion saya. Tapi ternyata ada hubungan antara HI dengan musik. Karena, musik itu dapat menjadi soft power untuk membangun hubungan baik dengan negara lain. Di mana cara itu bisa dipakai untuk berdiplomasi,” ungkapnya.

Kesadaran itu ia dapat ketika mengisi acara sebuah kampus. Di mana ada pertemuan antara duta besar-duta besar. Yemima tampil sebagai penyanyi. Ternyata musik bisa menjadi alat membuka kerja sama dengan negara lain. Setelah itu, wanita kelahiran 2 September 1994 ini berkenalan dengan tamu-tamu yang hadir.

“Setelah itu saya ngobrol dengan dubes-dubes, jadi nyambung karena saya kuliah jurusan HI. Akhirnya saya diajak Pak Gita Wirjawan mengisi acara di Swiss. Jadi walau bermusik kita bisa punya wawasan luas. Sebab, banyak pula sekarang orang yang mengisi kursi pemerintahan awalnya dari musik,” pungkas Yemima.

(okezone/vin)