Terungkap, Alasan Anak Orang Kaya Tak Suka Makanan Sehat
Tuesday, 17 May 2016
Terungkap, Alasan Anak Orang Kaya Tak Suka Makanan Sehat

HAMPIR semua orangtua mengakui, anak-anak tidak suka makan makanan sehat terutama yang berasal dari sayuran. Tapi ternyata ada fakta yang lebih mencengangkan, karena nyatanya anak dari keluarga kaya lebih tidak menyukai makanan sehat.

Kebanyakan anak-anak lebih memilih menyantap makanan bercita rasa manis. Ini mungkin saja didapatkan semua anak dari keluarga ekonomi menengah keatas, karena semua orang tua beranggapan yang penting asupan makanan anak terpenuhi.

Selain itu anak-anak dari keluarga berada juga memiliki banyak pilihan varian makanan yang bisa dipilih sesuai selera. Bahan makanan yang beragam dan cita rasa yang juga bervariasi membuat anak-anak terkesan menjadi ‘pemilih’.

Sementara anak-anak dari keluarga kurang mampu lebih banyak menyantap makanan sehat berupa sayuran karena harga yang murah.

Berdasarkan sebuah penelitian, jenis sayuran yang paling banyak mendapat penolakan anak-anak adalah kale dan sprout. Tapi ini masih bisa berubah jika orang tua atau pengasuh secara perlahan membiasakan memberi asupan sayuran ini ke anak-anak secara rutin.

Penelitian lainnya menunjukkan anak-anak dari keluarga menengah banyak membuang makanan sehat mereka. Kebiasaan seperti ini sebenarnya harus segera dihentikan karena akan berpengaruh ke kebiasaan masa depan si anak.

Sebenarnya banyak hal yang memengaruhi anak-anak tidak suka menyantap sayuran. tapi yang terpenting adalah peran orang tua dalam mendidik dan memberi pengertian pada anak bahwa sayuran sangat penting dikonsumsi.

Satu alternatif yang bisa dilakukan adalah memodifikasi makanan dengan menambahkan sayuran. misalnya membuat smoothie buah favorit si kecil dengan menambahkan sedikit sayuran, atau es krim sayuran juga terbukti ampuh untuk membuat anak menyantap sayuran.

(okezone/ndr)