Tutorial Bikin Ringo Ame, Apel Karamel Khas Jepang
Tuesday, 17 May 2016
Tutorial Bikin Ringo Ame, Apel Karamel Khas Jepang

SEGALA yang berhubungan dengan Jepang tak jarang menarik banyak perhatian mulai dari makanan, budaya dan tradisi khas negeri Sakura. Salah satunya ringo ame, apel karamel khas Jepang.

Membuat ringo ame ternyata tidaklah sulit, tapi dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Dari situs jejaring berbagi video, Youtube ada tutorial yang menunjukkan cara membuat ringo ame. Akun milik Decocookie menunjukkan cara membuat ringo ame.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan seperti buah apel merah, gula pasir dan air. Selanjutnya adalah membuat karamel dengan melarutkan gula dan air dalam panci hingga mendidih dan menjadi cairan karamel yang kental.

Setelah itu tusukkan satu persatu apel menggunakan batang kayu yang cukup kuat untuk menopang buah. Celupkan apel ke dalam cairan karamel sambil diputar perlahan hingga seluruh bagian buah apel terlapisi dengan karamel.

Setelahnya, angkat dan letakkan apel di wadah datar yang diberi alas kertas roti. Diamkan apel hingga karamel yang melapisi kering sempurna. Setelah kering dan dingin, baru ringo ame bisa disantap. Biasanya, ringo ame banyak tersaji saat acara festival Jepang.

(okezone/ndr)