Inilah Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi
Tuesday, 17 May 2016
Inilah Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi

JAKARTA - Anda bertekad ingin menjalani pola makan sehat bebas kolesterol? Berikut akan kami berikan panduannya untuk Anda.

Apa yang Anda makan, menentukan kondisi kesehatan Anda. Semakin sembarangan menu dan pola makan yang dipilih, semakin berisiko pula terkena beberapa penyakit yang berbahaya.

Apa saja makanan yang berbahaya bagi kadar kolesterol Anda? Berikut adalah jenis-jenis makanan yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya.

1. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh di antaranya adalah mentega, bacon, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan.

2. Lemak Trans

 

Jenis lemak ini terdapat dalam margarin, krakers, biskuit, keripik, dan lain-lain.

3. Daging Berlemak

 

Contoh daging berlemak adalah kornet sapi, iga sapi, steak, hot dog, sosis, bacon, dan daging olahan. Selain itu, batasi juga konsumsi jeroan seperti paru, limpa, ati, ginjal, dan otak. Anda bisa menggantinya dengan daging yang lebih rendah komposisi lemaknya, seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak (lean beef), sapi muda, dan ikan.

Jika Anda menyukai steak, Anda dapat memilih jenis daging yang lebih rendah kandungan lemaknya, seperti tenderloin (has dalam), flank (perut samping bawah), atau round (bagian bokong). Hindari rib eye dan prime rib yang tinggi lemak.

Berikut di halaman selanjutnya beberapa makanan yang harus dihindari lainnya untuk mengontrol kolesterol:

4. Protein Hewani

 

Anda dapat membatasi konsumsi protein hewani seperti daging sapi, ayam, kambing, bebek, ikan, dan lain-lain sebanyak 140 gram dalam sehari. Batasi juga konsumsi kuning telur.

5. Produk Susu

Batasi susu dan produk turunannya yang mengandung lebih dari 1% lemak. Produk yang termasuk ke dalamnya adalah krim, keju, es krim, dan krimer kopi.

6. Kudapan

 

Anda tidak boleh lupa diri ketika mengonsumsi kudapan / snack yang terlihat menggiurkan seperti krakers, muffin, cupcake, roti, dan beragam jenis kue, karena makanan tersebut dibuat kebanyakan dari lemak jenuh.

7. Makanan Cepat Saji

 

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, walaupun nampak lezat, praktis, dan harganya relatif murah. Anda harus membatasi konsumsi hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya. Menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh.

Jika Anda ingin makan di restoran tersebut, makanlah ayam goreng tanpa kulitnya. Anda juga bisa memilih dada ayam yang mengandung kolesterol lebih rendah daripada paha ayam.

Gantilah cheese burger dengan roti isi yang tidak mengandung keju. Jika Anda ingin mengonsumi salad, gantilah saus mayonais dengan saus salad lain yang tidak terlalu berlemak.

8. Seafood

 

Ikan memang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang, dan cumi-cumi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com.

(okezone/amr)