Cegah Kekerasan Seksual dari Keluarga
Wednesday, 25 May 2016
Cegah Kekerasan Seksual dari Keluarga

Kekerasan seksual yang banyak terjadi di masyarakat Indonesia dewasa ini bisa dikatakan sebagai bencana kependudukan. Banyak perilaku yang keji dan tak berprikemanusiaan menghabisi korbannya.

Korban ya korban, dan tak bisa disalahkan. Namun, menurut Ketua Umum Koalisi Kependudukan Pusat, Sonny Harry B Harmadi, kita perlu mencari penyebabnya dari hulu yakni keluarga.

Pembangunan keluarga yang kurang baik merupakan salah satu penyebabnya. "Pembangunan keluarga yang baik harus ada sejak awal bahkan sebelum memiliki anak. Mental, psikologi dan fisik harus dipersiapkan bagi calon orangtua. Kurangi pernikahan dini, jangan bertengkar depan anak dan jadikan keluarga sebagai sumber solusi bukan sumber masalah," jelas Sonny di sela dialog kampus bertema Peran Remaja dalam Pembangunan Desa di Universitas Muhammadiyah Gresik, Selasa (24/5/2016).

Kendati demikian, meski penegakan hukum adalah bagian hilir, namun tetap penting dan harus dilakukan. Selain itu, Sonny menambahkan, orangtua juga harus sering melakukan konseling, karena menjadi orangtua tak ada ilmu yang baku untuk dipelajari.

(okz/vin)