Manfaat Mengajak Anak ke Kantor
Wednesday, 01 June 2016
Manfaat Mengajak Anak ke Kantor

Pernah kepikiran mengajak anak ke kantor ketika tidak ada yang menjaganya di rumah, tidak hanya membuat hati kita tentram, tapi juga memberi manfaat untuk si kecil? Apa sebenarnya manfaat mengajak anak ke kantor?

1. Belajar mengenal suasana baru

Selain rumah dan sekolah, serta tempat les mungkin, datang ke kantor ibunya, bagi anak-anak adalah hal yang luar biasa. Dia belajar untuk mengenal suasana baru yang selama ini hanya didengar dari cerita ibunya.

Anak akan belajar dunia baru yang dilihatnya adalah hal yang sangat menarik. Dia memang akan banyak bertanya, ini ruang apa?, Ini alat untuk apa?, Dia siapa?, dan sebagainya. Tapi setelah semua terjawab, pelan-pelan dia mencernanya dan terus melihat sekeliling, melahap semua informasi tentang tempat yang baru didatanginya itu.

2. Belajar menenangkan diri

Di saat Anda bekerja, Anda bisa membuat anak menyibukan diri dengan hal lain seperti menggambar. Dengan begitu, dia akan menahan diri. Ini sangat baik efeknya di kemudian hari, di mana pun dia berada, terutama di tempat baru.

3. Tidak takut lagi

Bertemu banyak orang baru, terutama orang dewasa, lalu berinteraksi dengan mereka, membuat anak-anak jadi tidak takut lagi. Anak yang awalnya selalu sembunyi di belakang kaki setiap dikenalkan dengan teman kantor, lama-lama akan semakin berani untuk memperlihatkan wajahnya, bersalaman, bahkan mengobrol.

4. Lebih pengertian

Setelah diajak ke kantor, biasanya anak jadi lebih pengertian terhadap ibunya, saat sang ibu meninggalkannya untuk bekerja. Saat ibu terpaksa pulang telat, anak biasanya jadi lebih mudah menerima setelah diberi penjelasan karena dia bisa membayangkan apa yang terjadi di kantor sesuai cerita ibunya. Dengan begitu, anak jadi lebih percaya pada ibu yang bekerja.

5. Memperat ikatan

Daripada meninggalkannya di rumah hanya bersama kakak ipar, lebih baik dengan ibunya. Setelah menghabiskan waktu seharian, anak dan ibu akan jadi merasa lebih dekat, dan jadi makin banyak hal yang bisa dibicarakan.

6. Kebanggaan

Mengajak anak ke kantor, membuat orang tua jadi merasa bangga ketika orang-orang di kantor mengenal anak mereka. Apalgi jika anak Anda termasuk anak yang bisa mengontrol dirinya sehingga gampang diajak ke mana-mana. Di sisi lain, muncul kebanggaan yang sama dalam diri anak karena dia merasa pantas diajak dan diperkenalkan ke teman-teman bahkan bos ibunya. (fds)

(okz/amr)