Haruskah Berhenti Berolahraga saat Berpuasa?
Tuesday, 07 June 2016
Haruskah Berhenti Berolahraga saat Berpuasa?

Menjalankan ibadah puasa dinilai sebagai saat yang tepat untuk menurunkan berat badan. Apakah dengan berpuasa, berarti seseorang harus berhenti berolahraga atau tidak?

Tentu saja, berolahraga masih diperlukan bagi tubuh Anda saat berpuasa. Kombinasi antara berolahraga dan berpuasa dapat menjadi kegiatan yang menyehatkan dan bermanfaat.

Menurut dr. Javaid Shah, seorang dokter spesialis dari Dubai, berolahraga dapat menjaga kelancaran kerja otak dan melatih otot agar tetap kencang.

"Ketika kita berolahraga selama puasa, pada dasarnya kita memaksa tubuh untuk meluruhkan lemak. Proses pembakaran lemak tubuh dikendalikan oleh sistem saraf simpatik, yang pada waktunya akan diaktifkan oleh latihan fisik dan pengurangan asupan makanan saat berpuasa," tutur dr. Javaid Shah pada Khaleejtimes, Senin (6/6/2016).

Seorang asisten fitness manager dan personal trainer di Fitst Gym and Health Club, mengatakan bahwa berolahraga kala selama bulan Ramadan dapat menjaga berat badan pada seseorang.

"Tak perlu berhenti berolahraga saat Ramadan. Olahraga justru mengontrol berat badan Anda selama puasa dan menjadikan Anda tetap sehat," ujarnya.

(okz/hel)