Tips Mengatasi Kelelahan saat Bulan Puasa
Monday, 20 June 2016
Tips Mengatasi Kelelahan saat Bulan Puasa

SELAIN waktu makan yang dikurangi, perubahan waktu tidur karena kegiatan sahur dan ibadah malam bisa memicu kelelahan berkepanjangan jika tidak ditangani. Ditambah kesibukan yang meningkat, kesehatan menurun seperti yang dialami ustad Aa Gym bisa dialami siapa saja.

Beradaptasi dengan jadwal selama puasa dan meningkatkan kebugaran dengan aktivitas positif akan membantu mencegah menurunnya kesehatan. Berikut adalah beberapa tips untuk memulainya, seperti dilansir dari Productivemuslim, Senin (20/6/2016).

Tingkatkan kemampuan bernapas

 

Bernafas adalah hal yang sudah kita kuasai sejak tahun pertama lahir. Tapi, cara bernapas yang salah bisa mempengaruhi kebugaran kita. Bernapas melalui hidung, dalam (menggunakan diafragma), dan

bernapas lebih lambat adalah yang disarankan.

 

Kualitas aliran oksigen yang kita hirup ke dalam tubuh dan kemampuan untuk mengeluarkan CO2 sangat penting untuk kehidupan kita. Semakin dangkal napas kita, maka akan semakin sedikit oksigen yang sampai ke sel-sel tubuh, yang akibatnya

menyulitkan fungsi organ.

 

Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan kita mengalami kelelahan. Sinkronisasikan kegiatan Anda dengan bernapas dalam-dalam sampai menjadi kebiasaan bawah sadar, baik ketika sedang berdzikir, solat Tarawih, atau melakukan pekerjaan rutin Anda.

Olahraga teratur

 

Puasa bukan menjadi alasan untuk mengurangi gerak. Olahraga teratur penting untuk mengatur napas dan memberikan dorongan energi. Jadwalkan beberapa latihan rutin selama Ramadan, seperti berjalan kaki singkat setelah sahur, untuk meningkatkan energi selama melakukan aktivitas harian.

Tidur lebih baik

Baik kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan tubuh kelelahan. Penelitian menunjukkan bahwa selain dari jam tidur, kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Pergi tidur lebih awal, misalnya segera setelah tarawih, sehingga Anda cukup istirahat dan bangun dengan segar sebelum sahur.

Tidur siang singkat setelah salat zuhur juga akan membantu Anda tetap berenergi dan terlibat dalam ibadah sampai akhir puasa.

Tetap sibuk dan rencanakan jadwal kegiatan Anda

Rencanakan bagaimana Anda akan menggunakan waktu Anda di bulan Ramadan sehingga tidak memberatkan. Lakukan sesuatu yang berarti, baik itu ibadah, tugas yang terkait dengan pekerjaan, atau menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga membantu Anda melawan rasa lapar dan kelelahan.

Anda juga bisa secara sukarela membantu orang lain dalam pekerjaan atau kegiatan kecil saat puasa, karena hal ini tidak hanya akan membuat Anda sibuk tetapi juga akan membantu Anda menuai pahala ekstra!

(okz/hel)