Ini Akibat Gaya Hidup Tak Sehat pada Anak
Wednesday, 22 June 2016
Ini Akibat Gaya Hidup Tak Sehat pada Anak

GAYA hidup peer group atau kelompok seusia anak-anak bisa mempengaruhi kebiasaan dan pola hidupnya. Terutama anak yang mulai beranjak remaja, gaya hidup yang dianggap keren sekarang ini adalah bersantai di kedai kopi dan memesan minuman yang tak diketahui berapa besar kalori yang terkandung. Ditambah lagi presentasi minuman yang menarik hati, pasti menggoda matah dan lidah anak untuk mencobanya.

"Yang menjadi perhatian adalah minuman yang mengandung gula dengan jumlah cukup banyak atau disebut sugar sweetened beverages," kata dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak, Pediatri Sosial saat ditemui dalam pembahasan Isu Body Image pada Anak Usia Pra-Remaja dari Frisian Flag di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta, Selasa 21 Juni 2016.

Anak-anak pasti menyukai segala sesuatu yang manis. Saat membeli minuman di kedai kopi, pasti ia akan menambahkan gula, whipped cream, atau tambahan pemanis lainnya. Kebiasaan semacam ini, dianggap kebiasaan keren karena mencerminkan diri mereka yang sudah dewasa. Jika hal ini dilakukan secara rutin, tentunya akan berdampak bagi kesehatan mereka.

"Minum kopi di kedai kopi itu sebenarnya sama dengan minum soda. Sekalipun disebut sebagai minuman bebas kalori, tapi coba lihat kembali kalorinya, pasti tetap tinggi," tambah dr. Bernie.

Bahkan gaya hidup semacam ini, jika dilakukan sejak anak-anak bisa berdampak pada kemungkinan obesitas dan masalah penyakit lainnya.

"Kebiasaan itu akan mengacu ke masalah obesitas dan masalah obesitas ini akan mengarah ke NCD (Noncommunicable Disease) atau penyakit yang tidak menular. Penyakit ini bisa dialami di usia remaja dan dewasa, seperti penyakit diabetes melitus, penyakit jantung, hipertensi. Itu tren yang kita takutkan saat ini," jelas dr. Bernie.

Anak memang seharusnya diberikan pembekalan mengenai gaya hidup yang sehat dan baik, sehingga menghindarinya dari dampak yang mengancam kesehatannya di masa yang akan datang.

(okz/hel)