Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Ketan Kurma Nabi Khas Blitar
Wednesday, 22 June 2016
Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Ketan Kurma Nabi Khas Blitar

BLITAR - Olahan berbahan dasar serba ketan menjadi makanan yang begitu digemari, khususnya di Blitar, Jawa Timur. Seperti Ketan Kurma Nabi dan Ketan Kolak Kurna. Makanan ini menjadi santapan nikmat saat berbuka puasa.

Di Blitar ada resto yang khusus menyajikan hidangan dari bahan dasar ketan. Namanya Resto Omah Ketan. Hidangan yang menjadi favorit adalah ketan kolak kurna dan ketan kurna nabi. Saat Ramadhan kuliner ini kerap diburu para pelanggannya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, ketan yang sudah dimasak matang dipadu dengan manisnya kurma nabi, kemudian disempurnakan dengan santan manis sebagai kuah. Kolak kurma ini pun siap dihidangkan dalam mangkuk berukuran sedang dan cocok sebagai teman berbuka puasa.

Febrianta, pelanggan ketan di Resto Omah Ketan mengaku sejak pertama puasa dirinya kerap membeli makanan tersebut. Menurutnya ketan kurma dapat mengembalikan stamina setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

“Kurmanya itu sendiri ada rasa asam manis gitu, perpaduan dengan ketan yang rasanya gurih. Jadi kombinasi yang pas, ada asem dan manis. Cocok untuk berbuka,” ujarnya.

Pemilik Omah Ketan Chrisna Permadi mengaku memiliki banyak kreasi menu untuk berbuka puasa. “Kita ada menu yang berkaitan dengan Ramadhan ini, yakni kurma, kemudian kita aplikasikan ke ketan yang menjadi menu kita dan menjadi takjil yang paling diburu,” ujarnya.

Soal harga, tak perlu khawatir, Omah Ketan menu yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni Rp6.000 untuk satu mangkuk Ketan Kolak Kurma. Sementara untuk menu lainnya, harganya rata-rata Rp4.000 hingga Rp5.000. Dalam sehari, resto yang berdiri sejak 3 tahun lalu ini bisa menghabiskan sekitar 10 kg ketan.

(okz/amr)