Mengajarkan 4 Hal Ini Membuat Pribadi Anak Lebih Kuat
Monday, 27 June 2016
Mengajarkan 4 Hal Ini Membuat Pribadi Anak Lebih Kuat

MENERAPKAN pola didik kepada anak memang tidak mudah karena menjadi orang tua bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi urusan mendidik anak saat ia masih kecil. Semua harus dilakukan dengan cara yang benar dan sederhana, tapi tetap penuh makna edukatif. Agar anak memiliki kepribadian yang baik di masa mendatang, berikut ini 4 hal yang harus Anda ajarkan kepada anak agar menjadi pribadi yang kuat.

1. Berbagi satu sama lain

Sebaiknya, Anda mengajarkan sejak dini kepada anak untuk berbagi satu sama lain. Berikan pelajaran untuk berbagi satu sama lain dalam hal-hal kecil. Misalnya, mereka memiliki mainan coba bilang untuk meminjamkannya pada temannya ketika sedang asyik bermain di rumah.

Katakanlah kepada si kecil, bahwa dia harus mau membagi mainan kesayanganya pada teman yang datang lalu bermain bersama agar permainan jadi lebih seru. Lewat contoh kecil ini, dirinya bakal belajar bahwa berbagi satu sama lain dapat mendatangkan kebahagiaan.

2. Tanggung jawab

Orang yang sukses dan hebat adalah mereka yang bisa bertanggung jawab. Untuk itu, mulai dari sejak dini Anda harus mengajarkan rasa tanggung jawab kepada si kecil. Caranya mudah saja, setiap kali dirinya bermain beritahu bahwa dia harus merapihkan semua mainan yang berantakan. Dengan itu, si kecil bakal merasa bahwa dirinya perlu berkontribusi dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

3. Menerima tantangan dan kegagalan

Ini merupakan salah satu poin yang seringkali dilupakan oleh banyak orang tua. Banyak sekali orang tua masa kini yang menghindarkan anak dari tantangan dalam bermain. Apalagi ketika mereka gagal dalam mencapai sesuatu, biasanya orang tua sekarang langsung turun tangan agar si anak terus mendapatkan keberhasilan. Padahal hal tersebut tidak baik untuk perkembangan anak.

Anda harus mengajarkan kepada si kecil menerima tantangan dan kegagalan. Coba ajak dirinya main sebuah permainan yang sulit, lalu dukung dia untuk menyelesaikan permainan tersebut. Apabila gagal atau dirinya kesulitan jangan membantunya, ajak dirinya untuk terus mengulang permainan itu sampai berhasil. Nantinya, anak akan menjadi orang yang berani menerima tantangan hidup dan tidak mudah putus asa ketika menghadapi kegagalan.

4. Rasa bersyukur

Jangan pernah lupa untuk mengajarkan si kecil hal yang satu ini. Demi menjadi pribadi yang baik ketika sudah dewasa nanti, mutlak baginya untuk kamu mengajarkan rasa bersyukur kepada si kecil. Jangan selalu menuruti kemauannya, tetapi teruslah berusaha penuhi kebutuhannya. Caranya simpel, berdoa setelah melakukan sesuatu dan mengucap syukur kepada Tuhan adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan rasa bersyukur anak.

(okz/FHM)