Makanan Ini Bantu Anda Melawan Stres
Wednesday, 29 June 2016
Makanan Ini Bantu Anda Melawan Stres

MAKAN banyak ketika stres bisa menjadi hal yang lumrah dilakukan tanpa berpikir panjang. Tapi, jika Anda cukup sadar untuk memilih makanan yang ingin dimakan, sebaiknya pilihlah makanan yang menyehatkan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang.

Buah-buahan yang nikmat dimakan seperti pisang, masuk ke dalam daftar makanan yang harus dipilih untuk membantu menangkal efek buruk dari stres. Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Timesofindia, Rabu (29/6/2016).

Pisang

 

Pisang kaya akan kalium dan karbohidrat. Karbohidrat memberi efek relaksasi pada tubuh karena mereka menghasilkan neurotransmitter, serotonin yang memberikan rasa tenang. Kalium dalam pisang juga akan mengatasi kekurangan kalium juga bisa memicu sesak napas, kelelahan, dan gula darah rendah yang sering dipicu oleh stres.

Untuk mengalahkan stres, mengonsumsi dua buah pisang sehari sangat disarankan. Untuk efek lebih tahan lama, cobalah makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan lebih enak seperti spageti, pasta, makaroni, kentang, dan kacang-kacangan.

Apel

 

Buah ini mengandung fosfor dan zat besi dan membantu mengurangi stres oksidatif. Hal ini, pada gilirannya, membantu regenerasi sel yang kacau pada saat stres. Stres yang dapat memicu tanda-tanda stres di kulit wajah dapat dilindungi oleh apel.

Mengonsumsi satu apel sehari juga disarankan. Makan apel secara keseluruhan daripada membuat jus yang akan mengurangi jumlah serat. Namun, apel sebaiknya tidak boleh dikonsumsi pada waktu perut kosong karena hal ini dapat memicu gangguan pencernaan.

Oat

Oat merupakan sumber serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Oat juga sarat dengan fitokimia yang membantu mengatur sistem pencernaan dan kadar gula darah yang dapat terpengaruh oleh stres.

Konsumsi tiga sendok makan oat sehari. Oat atau gandum dapat ditambahkan ke dalam semangkuk sereal, yogurt, salad, dan lainnya. Oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan rutin Anda.

(okz/hel)