Gagal Mudik? Kunjungi Saja Pulau Seribu dan Nikmati Keindahannya
Saturday, 02 July 2016
Gagal Mudik? Kunjungi Saja Pulau Seribu dan Nikmati Keindahannya

JAKARTA - BAGI Warga Ibukota Jakarta yang tidak bisa mudik ke kampung halaman akibat berbagai hal. Tak perlu risau apalagi kalau karena bisa berlibur di wisata bahari Kepulauan Seribu dan termasuk dalam 10 Top Destinasi lantaran alamnya tidak kalah dengan Bali atau Lombok.

Sebagai gambaran, berikut ini ada 10 pulau yang sebaiknya diseberangi dari dermaga Ancol Jakarta. Keindahannya? Buktikan dan eksplore sendiri :

1. Pulau Semak Daun

Serasi dengan namanya, pulau ini cuma ditumbuhi semak-semak dan pepohonan. Pulau ini mempunyai pantai yang landai, bersih, berpasir putih dan halus. Apabila ingin bermalam di pulau ini, camping merupakan satu-satunya pilihan. Tapi tidak jauh dari pulau ini terdapat Pulau Pramuka yang bisa dijadikan tempat rekomendasi untuk menginap setelah puas menikmati indahnya Pulau Semak Daun.

Yang perlu dicatat, pulau ini juga dekat dengan lokasi-lokasi snorkeling dan diving yang dapat memanjakan mata dengan pemandangan bawah lautnya yang indah. Untuk pergi ke pulau ini, Pelabuhan Muara Angke merupakan titik awal perjalanan menuju Pulau Semak Daun. Perlu waktu 3 jam berlayar dengan kapal kayu tradisional yang melewati teluk Jakarta sampai di persinggahan Pulau Pramuka. Tetapi bila punya biaya yang lebih, bisa menyewa kapal cepat di Pelabuhan Marina Ancol.

2. Pulau Tidung

Pulau Tidung populer dengan Jembatan Cinta yang jadi salah satu tujuan wisata dengan sarana yang cukup memadai. Jembatan Cinta adalah jembatan yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Jembatan ini paling sering dijadikan uji nyali bagi mereka yang berani melompat dari ketinggian kurang lebih 6 meter dari atas permukaan laut.

Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Pulau Tidung juga menyediakan wisata air seperti canoe, donut, jet ski, banana boat. Selain itu, ada juga wisata bahari seperti snorkeling dan meneliti terumbu karang yang bisa dinikmati. Pulau Tidung Kecil merupakan tempat pengembangbiakkan pohon-pohon mangrove.

3. Pulau Bira

Pulau yang tersembunyi di Kepulauan Seribu ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Diperlukan waktu 3 jam menjuju ke pulau ini dari Pelabuhan Muara Angke dan transit di Pulau Pramuka. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan kapal nelayan yang hanya muat 10-15 orang selama 2 jam.

Di Pulau ini cuma terdapat beberapa rumah kayu yang terdiri dari dua kamar lengkap dengan tempat tidur berkelambu. Bagi yang hobi snorkeling dan diving, keindahan laut Pulau Bira tidak kalah menakjubkan dengan pesona Karimunjawa.

4. Pulau Pari

Pulau ini terletak tak jauh dari Pulau Tidung dan merupakan pulau yang dihuni oleh beberapa penduduk. Pulau Pari mempunyai pantai yang sangat bersih yaitu Pantai Perawan yang masih terawat dengan baik. Di pulau ini juga ada pusat budidaya rumput laut yang menunjang kehidupan warganya serta jadi lokasi penelitian biota laut (LIPI).

Di pulau ini Anda juga dapat menikmati hangatnya sunrise dan snorkeling untuk menyaksikan indahnya karang bawah laut. Kalau mau jalan-jalan, bisa mengunakan sepeda menuju Pantai Perawan yang dapat ditempuh hanya 5 menit dari penginapan.

5. Pulau Harapan

Pulau ini sangat terkenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat pecinta bawah laut suka berlama-lama menghabiskan waktunya di pulau ini. Pesisir pantai yang bersih dan pemandangannya yang indah dapat membuat orang lupa dengan penatnya kehidupan kota. Di Pulau Harapan ini dapat ditemukan penangkaran Elang Bondol, salah satu jenis elang yang memang dijaga kelestariannya.

Perjalanan ke Pulau ini perlu waktu kurang lebih 3 jam dari pelabuhan Muara Angke. Bila mau menikmati keindahan malam, Anda bisa menyewa sebuah homestay yang tersedia tak jauh dari dermaga. Fasilitas homestay nya cukup pantas, umumnya mempunyai 2 kamar yang mampu menampung 10-12 orang setiap homestay.

6. Pulau Putri

 

Pulau lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Kepulauan Seribu yakni pulau Putri. Sama seperti pulau-pulau lainnya, di pulau ini kita juga dapat menikmati indahnya pemandangan laut di Taman Nasional Laut Pulau Seribu yang memesona Di pulau Putri telah terdapat beberapa cottage yang dapat digunakan untuk bermalam para wisatawan.

Wisatawan di pulau Putri bisa menyaksikan pemandangan sunset yang begitu menawan memakai perahu. Sunset di pulau ini sering dinamakan dengan nama “Sunset Cruise”

7. Pulau Kotok

 

Pulau Kotok merupakan salah satu tempat menyelam yang cukup menarik di kawasan Kepulauan Seribu. Vegetasi di pulau ini masih asli. Panorama bawah laut di pulau ini bisa memanjakan para penyelam. Pulau Kotok selalu terjaga keasriannya karena di pulau ini tak disediakan wahana-wahana seperti yang ada di Ancol seperti banana boat, jetski dan semacamnya. Di pulau ini terdapat cottage yang terdapat di sebuah pohon. Dari sini kita dapat melihat kemegahan pemandangan laut Kepulau Seribu yang membuat siapapun tak mau pulang.

8. Pulau Ayer

 

Pulau ini mempunyai julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Letak pulau ini cuma berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Marina Ancol. Pesona utama dari pulau Ayer yakni keberadaan cottage yang berada di atas laut dengan gaya etnik Papua yang sangat tradisonal dan Sisi-sisi pantai di kawasan pulau ini pun tidak kalah indah.

Berlibur di pulau ini serasa berada di Raja Ampat, Papua yang sangat menakjubkan itu. Proklamator indonesia, Bung Karno, sering menjadikan pulau ini sebagai tempat istirahatnya. Di pulau ini pun bisa ditemui hewan biawak yang hidup bebas.

9. Pulau Pramuka

 

Pulau Pramuka pun tidak kalah menarik untuk dijadikan tempat wisata. Berwisata di tempat ini bisa mendapatkan dua hal sekaligus yaitu kesesangan dan ilmu. Di pulau Pramuka ini, tidak hanya bisa menikmati suasana liburan laut yang menyenangkan.

Anda dapat pula belajar singkat tentang penyu sisik karena di pulau ini ada tempat pelestarian penyu sisik yang tergolong sebagai jenis penyu langka.

10. Pulau Bidadari

 

Lokasi Pulau Bidadari tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta. Cuma sekitar 15 kilometer. Dari sini sudah dapat mengintip gedung-gedung Jakarta yang kelihatan seperti miniatur kota. Kawasan pulau Bidadari ini juga mempunyai catatan sejarah yang lumayan penting. Salah satu buktinya yakni keberadaan benteng pertahanan yang berdiri kokoh di sana.

Di sekitar Pulau Bidadari juga tumbuh hutan mangrove yang menambah daya tarik pulau. Menurut warga setempat, dulunya pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pengeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan. Itu sebabnya pulau ini disebut Pulau Bidadari.

(okz/amr)